KORELASI KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DENGAN KECERDASAN NATURALIS MELALUI MODEL GUIDED INQUIRY MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA KONSEP EKOSISTEM

Muhamad Kurnia Sugandi

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan memecahkan masalah dengan kecerdasan naturalis melalui model guided inquiry menggunakan macromedia flash pada konsep ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional dengan populasi seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 2 Kabupaten Majalengka, sebanyak 6 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling sebanyak 1 kelas, kelas yang dijadikan kelas eksperimen yaitu  kelas VII E yang diberi perlakuan model guided inquiry menggunakan macromedia flash. Teknik pengumpulan data dengan melakukan penilaian kemampuan memecahkan masalah yang terdiri dari 5 indikator (penyajian data, mengumpulkan data verifikasi, mengumpulkan data eksperimen, organisasi data dan formulasi kesimpulan, analisis proses). 30 butir soal berbentuk pilihan ganda untuk mengukur kecerdasan naturalis. Teknik analisis data uji prasyarat analisis dalam penelitian ini ada dua yaitu uji normalitas kolmogorov-smirnov  dan uji linearitas, dan uji hipotesis menggunakan analisis korelasi Bivariate Person menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian, analisis data menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,777 > 0,05 bahwa data berasala dari distribusi normal, nilai signifikansi (Sig.) linearitas adalah 0,676 > 0,05 dan nilai Fhitung 0,396 < Ftabel 3,32. dapat disimpulkan bahwa ada hubungan linear secara signifikan antara kemampuan memecahkan masalah dengan kecerdasan naturalis, dan pengujian hipotesis menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,005 < 0,05 dan berdasarkan nilai r hitung 0,460 > r tabel 0,334, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara variabel kemampuan memecahkan masalah dengan variabel kecerdasan naturalis menggunakan model guided inquiry menggunakan macromedia flash bahwa ada korelasi positif antara kemampuan memecahkan masalah dengan kecerdasan naturalis melalui model guided inquiry menggunakan macromedia flash.

 

Kata Kunci : guided inquiry, macromedia flash, kemampuan memecahkan masalah, kecerdasan naturalis


Full Text:

PDF

References


Anam, Khoirul. (2017). Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode Dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Animous. (2010). Kecerdasan Naturalis. [Online]. Tersedia: secretamong.blogspot.com/2010/06/kecerdasan-naturalis.html.

Amstrong, Thomas. 2013. Kecerdasan Multipel di Dalam Kelas. Jakarta: Indeks.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dewi, Narni Lestari. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. [Online]. Tersedia: pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article

Campbell & Reece dkk. Biologi Edisi Kedelapan Jilid 2. Jakarta: PT. Erlangga.

Gardner, Howard. 1999. Intelligence Reframed: Multiple Intelligences. The 21th Century. New York: Basic Books.

Jainuri, Muhammad. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah. [Online]. Tersedia:https://www.academia.edu/6942530/Kemampuan_Pemecahan_Masalah

Khoerunnisa, Yurida. (2017). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inquiry terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini di Kabupaten Majalengka. [Online]. Tersedia : http://dx.doi.org./10.14421/al-athfal.2018.41.03

Khusrianto, Adi. (2007). Membuat Animasi Web Dengan Macromedia Flash Professional 8. Jakarta

Lazear, David. 2004. Higher-Order Thinking the Multiple Intelligences Way. Chicago: Zephyr Press.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmarani, Dhuta dkk. (2018). Korelasi Antara Kecerdasan Naturalis dengan Kesadaran Lingkungan Siswa SD IT Muhammadiyah Bandongan Magelang. [Online]. Tersedia: https://www.researchgate.net/publication/328446875_Korelasi_Antara_Kecerdasan_Naturalis_dengan_Kesadaran_Lingkungan_Siswa_SD_IT_Muhammadiyah_Bandongan_Magelang.

Stepen S. Carey. (2015). Kaidah-Kaidah Metode Ilmiah: Panduan untuk Penelitian dan Critical Thinking. Bandung: Nusa Media




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v3i2.1232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â