KETERAMPILAN ARGUMENTASI PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM RESPIRASI MANUSIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran, peningkatan kemampuan argumentasi dan respon siswa terhadap penggunaan model Think Talk Write. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu Pre-experimental dengan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas berjumlah 30 siswa yaitu siswa kelas XI IPA SMA Plus Al-Hasan Banjarsari. Teknik pengumpulan data yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan argumentasi siswa dengan perolehan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,64 kategori sedang. Adapun keterlaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru dan siswa diperoleh masing-masing nilai rata-rata sebesar 86,66% dan 85,48% kategori sangat baik. Respon siswa dalam pembelajaran diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,13% kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Think Talk Write dalam pembelajaran dapat membantu meningkatkan kemampuan argumentasi siswa pada materi sistem respirasi manusia.
Kata kunci: model Think Talk Write, kemampuan argumentasi, sistem respirasi
Full Text:
PDFReferences
Elida, Nunun. 2012. “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Think Talk Write (TTW)”. Vol 1 No 2 Halaman 178-185. [Online]. Tersedia: http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/17. [Diakses: 06 Juli 2018].
Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Simon, S., Erduran, S., & Osborne, J. 2006. “Learning To Teach Argumentation Research And Development In The Science Classroom”. International Journal Of Science Education, Vol. 28 (2-3), 235-260.
Sugandi, Asep I. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Koneksi Matematis. Makalah Dalam Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FMIPA, Yogyakarta. [Online]. Tersedia: Http://Eprints.Uny.Ac.Id/ 7362/1/P-6.Pdf. [Diakses: 02 Maret 2018].
Supardi. 2013. Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktisnya. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.
Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Penerbit Erlangga.
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v3i2.1126
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418, Jawa Barat, IndonesiaTelp/WA : 0813 2016 1985email : bioeducatio.unma@gmail.com
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.