PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA SERTA PENERAPANNYA PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) MASYARAKAT

Popo Musthofa Kamil, Egi Nuryadin, Layla Dewi Andry Setyawati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi archaebacteria dan eubacteria serta penerapannya pada usaha mikro kecil menengah (UMKM) masyarakat. Penelitian dimulai pada bulan Oktober 2017 sampai Oktober 2018 di SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah true eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya sebanyak 6 kelas, dengan jumlah peserta didik sebanyak 192 orang. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang diambil secara cluster random yaitu kelas X MIPA 1 dan kelas X MIPA 2. Instrumen penelitian adalah tes keterampilan berpikir kritis pada materi Archaebacteria dan Eubacteria. Tes ini berupa tes uraian sebanyak 18 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikan (α) = 5 %. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data dan pengujian hipotesis, menunjukkan terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria di Kelas X SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini kemudian diterapkan pada Masyarakat melalui pelatihan dan sosialisasi kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui pengolahan laktosa menjadi asam laktat dengan bantuan Lactobacillus bulgariscus dan pengolahan Nata de Coco dengan bantuan Acetobacter xylinum.

 

Kata kunci: model pembelajaran sains teknologi masyarakat, Archaebacteria dan Eubacteria, keterampilan berpikir kritis, Lactobacillus bulgariscus, Acetobacter xylinum.


Full Text:

PDF

References


Agustini, D., I W. Subagia, dan I N. Suardana. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Penguasaan Materi dan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran IPA di MTs. Negeri Patas. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Sains. Volume 3.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Astika, I. Kd. Urip., I. K. Suma, dan I. W. Suastra. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kritis. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Volume 3 Tahun 2013.

Brooks, Geo F., Janet S. Butet dan Stephen A. Morse (2008). Mikrobiologi Kedokteran. Buku 1. Jakarta: Salemba Medika.

Brooks, Geo F., Janet S. Butet dan Stephen A. Morse (2008). Mikrobiologi Kedokteran. Edisi 23. Jakarta: Salemba Medika.

Fisher, Alec. (2008). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Gusfarenie, Dwi. (2013). Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM). Edu-Bio. Vol. 4, Tahun 2013.

Padoli. (2016). Mikrobiologi dan Parasitologi Keperawatan. Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan.

Poedjiadi, Anna. (2010). Sains Teknologi Masyarakat (Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.