KORELASI ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATERI SISTEM RESPIRASI MANUSIA

Dani Ramdani, Liah Badriah

Abstract


ABSTRACT

This  research  is  aimed  to  determine  the  correlation  between  student’s critical thinking ability and learning outcomes by using guided inquiry based on dlended learning model on the topic of human respiration system.  This research was conducted in August until October 2017 in Biology educational Department Siliwangi University. This research method used was correlational method. Population of this research were all students in four smester in biology Department. The sample used in this research was one class and choosen by cluster random sampling. The data were gained by giving the posttest consisting of 12 analysis questions in order to measure student’s critical tinking, and 34 multiple choice questions to measure student’s learning output. Data analysis used was regresion and correlation analysis with significant level (α) 0,05. The result of research, data analysis, and hypotesis testing reveals that there is a positive correlation between student’s critical thinking ability and learning outcomes by using guided inquiry based blended learning on the topic of human respiration system.

                                                                                

Keyword    : guided inquiry, critical thinking ability, learning outcome.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis blended learning pada materi sistem respirasi manusia Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober 2017 di jurusan pendidikan biologi Universitas Siliwangi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional dengan populasi seluruh mahsiswa semester empat program studi pendidikan biolgi, sebanyak 4 kelas. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 1 kelas, yaitu kelas C sebagai kelas yang diberi perlakuan menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis blended learnig. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan postest sebanyak 12 butir soal berbentuk uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis, dan 34 butir soal berbentuk pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi korelasi dengan α 0,05. Hasil penelitian, analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar mahasiswa melalui model inkuirin terbimbing berbasis blended learning  pada materi sistem imunitas manusia.

Kata Kunci : inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar



Full Text:

PDF

References


Edition. USA: Pearson. Corwin, Elizabeth. J. (2009). Buku Saku Patofisiologi. Jakarta: EGC.

Creswell, Jhon W. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan

Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Fisher, Alec. (2008). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. (terjemahan). Jakarta : Erlangga.

Fraenkel, J dan Norman E Wallen. (2009). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hil.

Gay, L.R., et al. (2012). Educational Research. USA: Pearson.

Komalasari, Kokom. (2017). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Lynch, Cindy., dan Susan Wolcott. Helping Your Students Develop Critical Thinking Skill. [online]. Tersedia:http://www.aect.org/edtec h/edition3/er5849x_c038.fm.pdf[17 Desember 2017]

Malahayati, Eva Nurul, et al. (2015). Hubungan keterampilan Metakognitif dan Kemamuan Beroikir Kritis dengan Hasil Belajar Biologi Peserta didik SMA dalam Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Sains. 3:4. Malang.

Sani, Ridwan Abdullah. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi

Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Shabani, M.B dan Mohammadian, M. 2014. Relationship Between Goal Orientation, Critical Thinking, Meta-Cognitive Awareness and Self- Regulated Learning of Iranian Students. International Journal of Language Learning and Applied Linguistics World (IJLLALW), 5(1).

Tawil, Muh. dan Liliasari. (2013). Berpikir Kompleks dan Implementasinya dalam

Pembelajaran IPA. Makasar : UNM Press.

Wahyudi, Andi,et.al. (2015). “Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri Jumapolo. Bio- pedagogi. 4-1 Surakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.