PENGARUH MEDIA PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2018/2019)

Egi Nuryadin, Muhammad Zulfi Badru Tamam

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Media Pembelajaran Prezi jika diterapkan pada proses pembelajaran mengenai materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2018 sampai dengan bulan Agustus 2018 di kelas VIII SMP Negeri 20 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true eksperimental. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Tasikmalaya sebanyak 9 kelas, dengan jumlah 273 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas. Instrumen yang digunakan adalah teknik tes hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia. Tes tertulis ini berupa pilihan ganda dengan empat option. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pengujian hipotesis didapatkan nilai t­hitung = -20,48 dan ttabel =2,04. Maka thitung terletak di daerah penolakan Ho, hal tersebut menunjukan bahwa ada pengaruh hasil belajar peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan media prezi pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019.

 

Kata kunci : media pembelajaran prezi, hasil belajar, sistem pencernaan manusia

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). “Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikanâ€. Jakarta: Bumi Aksara.

Khodijah, Nyayu. (2016). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Listiyanto, Randi, et.al. (2016). Experience In Using Prezi Presentation Software In Teaching Vocabulary. Proceeding the 2nd International Conference On Teacher Training And Education Sebelas Maret University. Volume 2, No 1. Surakarta.

Melinda, D., Masril, & Hufri. (2014). Pengaruh Media Prezi The Zooming Presentations Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA N 12 Padang. Pillar of Physics Education, Vol.04, No.02. Padang.

Rais, Muh. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Presentasi Berbasis Prezi Dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Mengingat Konsep. Jurnal Mekom, Vol 2, No 1. Makasar.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rusyfian, Z. (2016). Prezi Solusi Presentasi Masa Kini. Bandung: Informatika Bandung.

Simamora, Irma. (2014). Membuat Presentasi Menggunakan Prezi. Medan.

Suharjanto, et.al. (2013). Penerapan Media Pembelajaran Dengan Penggunaan Software Prezi dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mata Diklat Komunikasi. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. Vol 2, No 1. Surakarta.

Suryani, et.al. (2015). Penggunaan Media Prezi Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik SMA Negeri 1 Lhoksukon. Jurnal EduBio Tropika, Volume 3, Nomor 1. Lhoksukon.

Syaiful, Mardiansyah, et.al. (2017). Pengaruh Media Presentasi Prezi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah. Unila Journal, Vol 5, No 2. Bandar Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v3i1.1079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â