Pendapatan Usahatani Padi Sawah Berdasarkan Penerapan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu

Sr Ayu Andayani, Sanira Sanira

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : Bagaimana penerapan teknologi sebelum dan setelah Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) pada usahatani padi  sawah, Berapa besar pendapatan usahatani padi sawah sebelum dan setelah menerapkan  Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT). Penelitian ini dilaksanakan di Desa Wangunharja Kecamatan Jambang Kabupaten Cirebon dengan mengunakan metode survey. Unit analisisnya adalah petani padi sawah peserta Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) Variabel-variabel yang diamati pada penelitian yaitu tingkat penerapan teknologi  PTT, pendapatan usahatani padi sawah. Hasil penelitian menunjukkan : 1. Tingkat penerapan teknologi : varitas unggul baru, benih bermutu dan berlabel, pengolahan tanah sesuai musim dan pola tanam, penggunaan bibit muda (21hari), bibit ditanam 1-3 batang per rumpun, penyiangan dengan landak/gasrok, pemupukan berdasarkan kebutuhan tanaman dan status hara tanah, pemberian bahan organik, pengairan berselang, pengendalian OPT dengan pendekatan PHT dan panen tepat waktu serta gabah segera dirontok pada Pengolahan Tanaman Terpadu (PTT) untuk petani yang menerapkan Teknologi PTT adalah sudah dilaksanakan dan menunjukan adanya peningkatan. 2. Rata-rata pendapatan petani padi sawah perluas lahan responden yang  menerapkan PTT adalah sebesar Rp. 11.042.763, dan yang tidak menerapkan PTT sebesar Rp. 10.479.000,-.

Kata Kunci: Pendapatan usahatani, Pengelolaan Tanaman Terpadu

Full Text:

pdf (Indonesian)

References


Departemen Pertanian. 2007. Pengelolaan Tanaman Terpadu Padi Sawah Irigasi. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Departemen Pertanian. Jakarta.

Departemen Pertanian. 2008. Metode, Teknik, dan Media Penyuluhan Pertanian. Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian Departemen Pertanian. Jakarta.

Departemen Pertanian. 2009. Pedoman Umum PTT Padi Sawah.Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Jakarta.

Dinas Pertanian Cirebon. 2003. Keragaan Pengembangan Program Peningkatan Produktivitas Padi Terpadu. Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon. Cirebon.

Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon. 2010. Laporan Tahunan Tanaman Pangan. Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon.

Fadholi Hernanto. 1996. Ilmu Usahatani.Penebar Swadaya Jakarta.

Miller, R.J dan Roger E Meiners. 2000. Teori Mikroekonomi Intermediate. Pt Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Paul Samuelson dan Soekartawi. 2003. Analisis Usahatani. Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).Jakarta.

Sulaksana, Jaka. 2011. The Process of Motivational Change in a Farmers’ Group: A Case Study in Majalengka Regency, West Java Province, Indonesia. Journal of Applied Sciences. Volume 11/Issue 14/Page No.2500-2512.

Sulaksana, Jaka. 2011. Group Dynamics Analysis of Farmers’ Groups: A Case Study in West Java Province, Indonesia. Journal of Rural Economics Special Issue.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.