KERAGAAN USAHA TERNAK SAPI PERAH ANGGOTA DAN NON ANGGOTA KOPERASI DI KECAMATAN BANJARAN KABUPATEN MAJALENGKA

Ulfa Indah Laela Rahmah

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keragaan usaha ternak sapi perah antara anggota dan non anggota koperasi Di Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode surpey dengan unit analisis peternak anggota dan non anggota koperasi di kecamatan banjaran. Teknik penentuan responden dilakukan dengan cara acak sederhana (Random Sampling). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data melalui kuisiuner, wawancara dan studi literatur. Hasil analisis dari penelitian menggambarkan tidak ada perbedaan yang nyata keragaan usaha sapi perah antara anggota koperasi dan non anggota koperasi di Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka.

 

Kata Kunci : keragaan usaha, sapi perah, anggota koperasi, non anggota koperasi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


AFANDIE ROSMARKAM DAN NASIH WIDYA YUWONO. 2002. Ilmu Kesuburan Tanah.Penerbit Kanisius. Yogyakarta.

BADAN PUSAT STATISTIK. 2017. Produktivitas Ubi Jalar Menurut Provins i, 2013 – 2017. Rakor di Solo Jateng untuk ATAP 2016 dan ARAM I 2017

BARRI, N. L. 2003. Peremajaan Kelapa Berbasis Usahatani Polikultur Penopang Pendapatan Petani Berkelanjutan. Institut Pertanian Bogor. Desember 2003.

HASAN BASRI JUMIN. 1991. Dasar-Dasar Agronomi. Rajawali Press. Jakarta

TRI ASTUTI J. DAN NENI SINTAWARDANI. 2006. Kajian Sifat Fisik dan Kimia Serbuk Kayu Campuran Sebelum dan Sesudah digunakan Sebagai Matriks dalam BIO-Toilet. Teknologi Indonesia 29(2) 2006: 1-9

PINUS LINGGA DAN MARSONO. 2010. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Cet 28. Penebar Swadaya. Jakarta.

PURNAMA, R. H., SANTOSA S.J. DAN HARDIATMI S. 2013. Pengaruh dosis pupuk eceng gondok dan jarak tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawi. Innofarm 12(2):95-107.

VONY, WULANDARI. 2011. Pengaruh pemberian beberapa dosis pupuk kandang ayam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman rosella (Hibiscus sabdariffa L.) ditanah ultisol. Universitas Andalas. Padang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats