PENGARUH PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1 CIGASONG KABUPATEN MAJALENGKA

nuruddin araniri

Abstract


Tingkat pendidikan dan pekerjaan orangtua di SMP Negeri 1 Cigasong Kabupaten Majalengka berbeda-beda,  sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI yang berbeda-beda pula. Idealnya, ketika tingkat pendidikan orangtua tinggi dan tingkat pekerjaan orangtua tinggi diikuti dengan hasil belajar siswa yang baik.

Namun melihat kenyataan di lapangan, ada siswa yang tingkat pendidikan dan pekerjaan orangtuanya tinggi ternyata hasil belajarnya rendah atau kurang. Sebaliknya ada keluarga yang pendidikan dan pekerjaan orangtuanya rendah ternyata hasil belajarnya tinggi atau baik. Permasalahan yang muncul adalah seberapa besar pengaruh tingkat pendidikan orangtua dan pekerjaan orangtua terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Cigasong Kabupaten Majalengka?

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk : (1) Untuk menjelaskan sejauhmana pengaruh tingkat pendidikan orangtua terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di SMP  Negeri 1 Cigasong Kabupaten Majalengka; (2) Untuk menjelaskan sejauhmana pengaruh pekerjaan orangtua terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di SMP  Negeri 1 Cigasong Kabupaten Majalengka; (3) Untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh pendidikan dan pekerjaan orangtua terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di SMP  Negeri 1 Cigasong Kabupaten Majalengka.

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) Angket atau kuisioner; (2) Observasi; (3) Wawancara; (4) Dokumentasi; (5) Kepustakaan. Populasi siswa/i kelas VII s.d. IX SMP Negeri 1 Cigasong Kabupaten Majalengka berjumlah 317 orang siswa/i dan sampelnya berjumlah 63 orang siswa/i.

Dari hasil pengujian terhadap variabel Pendidikan Orangtua (X1) terhadap Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI (Y) diperoleh korelasi sebesar 0,630 karena berada pada kisaran 0,600 – 0,790 korelasi variabel Pendidikan Orangtua (X1) terhadap terhadap Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran PAI (Y) tergolong korelasi yang kuat. Berdasarkan hasil pengujian untuk variabel Pekerjaan Orangtua (X2) terhadap Hasil belajar siswa dalam Mata Pelajaran PAI (Y) diperoleh korelasi sebesar 0,726 karena berada pada kisaran 0,600 – 0,790 korelasi variabel Pekerjaan Orangtua(X2) terhadap terhadap Hasil belajar siswa dalam Mata Pelajaran PAI (Y) tergolong korelasi yang kuat. Sementara untuk pengujian pengaruh Pendidikan Orangtua (X1) dan Pekerjaaan Orangtua (X2) terhadap Hasil belajar siswa Mata Pelajaran PAI menggunakan regresi berganda. Dari perhitungan tersebut di peroleh korelasi sebesar 0,729 dan berada pada kategori kuat, yakni pada kisaran 0,600 – 0,790 Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa Pendidikan Orangtua (X1) dan pekerjaan Orangtua (X2) terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI (Y) memberikan pengaruh sebesar 53,1 % dan sisanya 46,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Anas Sudjono, Pengantar Statistik pendidikan, Raja Grapindo Persada.Trihendradi, Step by Step SPSS 20 : Analsis Data Statistik, Andi. Yogyakarta : 2012.

Dedi,: Manajemen Pembelajaran PAI, dan Pembinaan Keagamaan Pengaruhnnya Terhadap Ketaatan Beribadah Siswa di Lingkungan SMK YPIB Majalengka, Tesis . Program Pasca Sarjana IAIN Syeh Nurjati. Cirebon : 2010.

Dep. Agama, Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Jakarta : 2006.

Fuad Ihsan , Dasar-dasar Kependidikan, cet. VII. Rineka Cipta. Jakarta : 2011.

Hasbullah,Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Rajawali Pers. Jakarta : 2012.

Moh. Ali, Strategi Penelitian Pendidikan, Angkasa. Bandung : 1993.

Nirwana SK. Sitepu, Analisis Jalur, UPT Jurusan FMIPA UNPAD.Bandung :1994.

S. Margono, Metode Penelitian Penddikan, PT Rineka Cipta. Bandung : 2004.

Sama’un Bakry,Menggagas Konsep Ilmu pendidikan Islam, Cet.I. Pustaka Bani Qurasy. Bandung : 2005.

Singgih Santoso, SPSS : Mengolah Data Statistik Secara Profesional, PT Elex Media Komputindo. Jakarta : 1999.

Slameto, Belajar dan Faktor –faktor yang mempengaruhinya, Cet.4. PT Rineka Cipta. Jakarta : 2003.

Sofyan S. Willis, Konseling Keluarga (Famliy Counseling), Suatu upaya membantu anggota keluarga memecahkan masalah komunikasi di dalam sistem keluarga, Penerbit Al Fabeta. Bandung : 2009.

Stanislaus S. Uyanto, Pedoman Analisis Data dengan SPSS, Graha Ilmu. Yogyakarta : 2006.

Sudjana, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Sinar Baru. Bandung : 1997.

Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta. Bandung : 2011.

Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta. Bandung :2011.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik , Rineka Cipta : 2016

Sutrisno Hadi, Metodologi Research, Andi Offset. Yogyakarta:, 1999.

Taqiyuddin M., Pendidikan untuk Semua, Dasar dan Falsafah Pendidikan Luar Sekolah, Cet.2. Mulia Pres. Bandung : 2008.

Tulus Tu’u, Peran diisiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa, PT Grasindo, Jakarta : 2004

W.A., Gerungan, Pskolog Sosial, Cet. I. TR Rafika Aditama.. Bandung : 2000

Winarno Surachmad, Pengantar Penelitian Ilmiah (Dasar, Metode, Teknik). Tarsito. Bandung : 1989.

Zakiyah Darjat, Metode Khusus Pengajaran Agama,Cet. 4 PT Bumi Aksara. Jakarta :204.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.