DISKUSI KELOMPOK SEBAGAI SARANA PENANAMAN NILAI MULTIKULTURAL KEPADA PESERTA DIDIK

Bapak Mas'ud

Abstract


Pendidikan multicultural adalah pendidikan yang menjembatani perbedaan-perbedaan yang ada didalam masyarakat sehingga timbul sikap menghargai, memahami kebudayaan yang berbeda dengan yang ada pada suatu masyarakat. Metode diskusi kelompok adalah sebuah metode dimana perbedaan pendapat merupakan hal yang wajar karena setiap rang memiliki pendapat yang berbeda-beda, justru perbedaan ini yang membuat luas wawasan dan pemahamanPendidikan multicultural adalah pendidikan yang menjembatani perbedaan-perbedaan yang ada didalam masyarakat sehingga timbul sikap menghargai, memahami kebudayaan yang berbeda dengan yang ada pada suatu masyarakat. Metode diskusi kelompok adalah sebuah metode dimana perbedaan pendapat merupakan hal yang wajar karena setiap rang memiliki pendapat yang berbeda-beda, justru perbedaan ini yang membuat luas wawasan dan pemahaman

Full Text:

PDF

References


Darmadi. Pengembangan Model metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta : Deepublish. 2017

Mahpud, Choirul, Pendidikan Multikultural, cet. ke-4, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Nengah Bawa Atmadja, “Multikulturalisme dalam Perspektif Filsafat Hindu”, Makalah pada Seminar Damai dalam Perbedaan, Singaraja, 5 Maret 2003.

P Doni Koesoema. Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger. Jakarta:Grasindo. 2009

Ratu Ile Tokan. P. Sumber Kecerdasan Manusia Mind-Body-Soul Interaction. Jakarta : Grasindo. 2016

Setyosari, Punaji. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta:Prenadamedia group 2013

Supriyoko, Ki, Pendidikan Multikultural dan Revitalisasi Hukum Adat Dalam Prespektif Sejarah. Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. 2005

Suyata “Pendidikan Multikultural dan Reintegrasi Nasional: Implikasi Kebijakan”Pidato Pengukuhan Guru Besar(FIP-UNY: 2001).

Tim Pusat Studi UGM. Membangun Kedaulatan Bangsa Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila: Pemberdayaan Masyarakat Terluar, Terdepan, Tertinggal (3T) (Kumpulan Makalah Call Of Paper Kongres Pancasila VII). Yogyakarta:Pusat Studi Pancasila Universitas Gadjah Mada.

Usman Pelly, Kualitas Bermasyarakat: Sebuah Studi Peranan Etnis dan Pendidikan dalam Keserasian Sosial. Medan :Proyek Kerjasama Kantor Meneg KLH-IKIP Medan, 1988


Refbacks

  • There are currently no refbacks.