Editorial Policies

Focus and Scope

Al- Akhbar : Jurnal Pendidikan Islam yang mempunyai fokus dalam kajian pendidikan Islam, dengan scope sebagai berikut :

1. dasar-dasar pendidikan Islam

2. Pengembangan Lembaga Pendidikan

3. Kajian tentang konsep pendidikan

4. dan lain-lain

 

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Kebijakan review oleh Al-Akhbar: Jurnal Pendidikan Agama Islam sebagai berikut:

  • Setiap makalah yang disampaikan akan ditinjau oleh dua reviewer.
  • Proses peninjauan menggunakan Double-blind Review, yang mana reviewer tidak tahu identitas penulis, dan sebaliknya penulis tidak tahu identitas reviewer.
  • Dalam proses peninjauan, reviewer mempertimbangkan korespondensi judul, abstrak, diskusi (temuan) dan kesimpulan. Selain itu, reviewer juga mempertimbangkan kebaruan, dampak ilmiah, dan referensi yang digunakan dalam makalah.

Tanggapan dari mitra bestari akan menjadi pertimbangan bagi Editor untuk memutuskan:

  • Terima kiriman
  • Diperlukan revisi
  • Kirim ulang untuk ditinjau
  • Kirim ulang ke tempat lain
  • Tolak pengiriman

Sebuah artikel ditolak untuk publikasi karena berbagai pertimbangan, termasuk:

  • Artikel tidak sesuai dengan ruang lingkup jurnal.
  • Artikel tidak mengikuti kaidah penulisan ilmiah atau petunjuk penulisan.
  • Kesalahan metodologis mendasar.
  • Penulis menolak melakukan perbaikan atas saran yang diberikan oleh mitra bestari tanpa dasar logis.
  • Ada indikasi plagiarisme lebih dari 20%.

 

Open Access Policy

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

Jurnal ini adalah jurnal yang aksesnya terbuka yang berarti semua konten tersedia secara gratis tanpa biaya yang dibebankan baik kepada pengguna atau institusi. Pengguna diizinkan untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke artikel teks lengkap di jurnal ini tanpa meminta izin sebelumnya dari penerbit atau penulis. Ini sesuai dengan Budapest Open Access Initiative.

 

Plagiarism Checker

This journal uses the Plagiarism Checker application to check the authenticity of the manuscript.