Penelitian Desain Bahan Ajar Berbasis Aktifitas Kritis pada Materi Bangun Datar Segitiga

Arif Abdul Haqq, Lilis Marlina Angraini, dan Rahmawati

Abstract


Abstrak—Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang dapat menstimulus aktifivitas kritis siswa pada materi bidang datar segitiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan Penelitian Desain. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi salah satu SMP Negeri di Kota Cirebon. Bahan ajar disediakan dalam bentuk tugas pemahaman konsep dan penerapan konsep. Tugas yang diberikan untuk mengundang siswa dalam aktivitas kritis adalah tugas dengan masalah yang terstruktur sedang. Pada tahap pemahaman konseptual ini, guru perlu memilih isu yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari atau logis, menggunakan kalimat yang mudah dimengerti, tidak menggunakan pertanyaan yang terakumulasi dan membuat pola dalam tabel secara efisien. Pada tahap penerapan konsep, beragam pertanyaan seperti masalah dalam Teorema Pythagoras dan luas segitiga dan aplikasinya.

 

Kata kunci: Aktivitas Kritis, Kegiatan Siswa, Penelitian Desain, Segitiga.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v3i1.904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.