Pengaruh Strategi Metakognitif Terhadap Metakognisi Mahasiswa PGSD

Liyana Sunanto dan Nur Asyiah

Abstract


Abstrak—Artikel ini bertujuan mengkaji pengaruh strategi metakognitif terhadap metakognisi mahasiswa tingkat satu Prodi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Cirebon semester genap T.A 2016/2017 pada mata kuliah Konsep Dasar Matematika, dengan menggunakan metode penelitian model linier sederhana. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana untuk mrengetahui signifikansi pengaruh strategi metakognitif terhadap metakognisi digunakan uji koefisien. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan  signifikan pada penerapan strategi metakognitif terhadap metakognisi menggunakan SPSS menunjukan t hitung = 8,662 dengan tingkat signifikansi  0,000 < 0,05 pada metakognisi. Sehingga dapat disimpulkan strategi metakognitif berpengaruh terhadap metakognisi mahasiswa PGSD UMC.

 

Kata kunci: Strategi metakognitif, Metakognisi.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete. Semarang: Badan Penerbit Universitas

Hamsia, W. 2017. Strategi Metakognitif untuk Keterampilan berbicara Bahasa Inggris. ELSE (Elementary School Education Journal), Vol. 1, No, 2b.

Iskandar, S.M, 2014. Pendekatan Keterampilan Metakognitif dalam Pembelajaran Sains di Kelas. Jurnal ERUDIO, Vol. 2, No. 2.

Murti, H.A.S, 2011. Metakognisi dan Theory of Mind (ToM). Jurnal Psikologi Pitutur, Vol. 1, No. 2.

Permata, S.P, Suherman, dan Rosha, M. 2012. Penerapan Strategi Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Matematika UNP, Vol. 1, No. 1.

Risnanosanti. 2008. Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal PHYTAGORAS, Vol. 4, No.1.

Schoenfeld. 1992. What’s All The Fuss About Metacognition. Available: http://mathforum.org/~sarah/Discussion.Sessions/Schoenfeld.html.

Stenberg, R. J. 2008. Psikologi Kognitif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono (2010) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan ke-10. Bandung: Alfabeta.

Sunanto, L dan Asyiah, N. 2018. Pengaruh Strategi Metakognitif terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Keguruan, Vol. 4, No. 1.

Sunanto, L. 2014. Pengembangan Strategi Meta-Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Journal of Primary Education Vol. 3, No.1.

Suratmi dan Purnami, A.S. 2017. Pengaruh Strategi Metakognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Persepsi Siswa terhadap Pelajaran Matematika. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, Vvol. 5, No.2.

Susetyo, B. 2012. Statistika untuk Analissi Data Penelitian. Bandung: Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

                               

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

MAILING ADDRESS

Jalan Universitas Majalengka No. 1 Majalengka

PRINCIPAL CONTACT

Zaenal Arifin
Universitas Majalengka
Phone: 082218560919
Email: arifin1169@gmail.com