Pengaruh Strategi Metakognitif Terhadap Metakognisi Mahasiswa PGSD
Abstract
Abstrak—Artikel ini bertujuan mengkaji pengaruh strategi metakognitif terhadap metakognisi mahasiswa tingkat satu Prodi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Cirebon semester genap T.A 2016/2017 pada mata kuliah Konsep Dasar Matematika, dengan menggunakan metode penelitian model linier sederhana. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana untuk mrengetahui signifikansi pengaruh strategi metakognitif terhadap metakognisi digunakan uji koefisien. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan strategi metakognitif terhadap metakognisi menggunakan SPSS menunjukan t hitung = 8,662 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 pada metakognisi. Sehingga dapat disimpulkan strategi metakognitif berpengaruh terhadap metakognisi mahasiswa PGSD UMC.
Kata kunci: Strategi metakognitif, Metakognisi.
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Z. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda.
Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete. Semarang: Badan Penerbit Universitas
Hamsia, W. 2017. Strategi Metakognitif untuk Keterampilan berbicara Bahasa Inggris. ELSE (Elementary School Education Journal), Vol. 1, No, 2b.
Iskandar, S.M, 2014. Pendekatan Keterampilan Metakognitif dalam Pembelajaran Sains di Kelas. Jurnal ERUDIO, Vol. 2, No. 2.
Murti, H.A.S, 2011. Metakognisi dan Theory of Mind (ToM). Jurnal Psikologi Pitutur, Vol. 1, No. 2.
Permata, S.P, Suherman, dan Rosha, M. 2012. Penerapan Strategi Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Matematika UNP, Vol. 1, No. 1.
Risnanosanti. 2008. Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal PHYTAGORAS, Vol. 4, No.1.
Schoenfeld. 1992. What’s All The Fuss About Metacognition. Available: http://mathforum.org/~sarah/Discussion.Sessions/Schoenfeld.html.
Stenberg, R. J. 2008. Psikologi Kognitif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono (2010) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan ke-10. Bandung: Alfabeta.
Sunanto, L dan Asyiah, N. 2018. Pengaruh Strategi Metakognitif terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Keguruan, Vol. 4, No. 1.
Sunanto, L. 2014. Pengembangan Strategi Meta-Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Journal of Primary Education Vol. 3, No.1.
Suratmi dan Purnami, A.S. 2017. Pengaruh Strategi Metakognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Persepsi Siswa terhadap Pelajaran Matematika. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, Vvol. 5, No.2.
Susetyo, B. 2012. Statistika untuk Analissi Data Penelitian. Bandung: Refika Aditama.
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v3i1.903
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.