Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS)

Sardin dan Aep Sunendar

Abstract


Abstrak— Higher Order Thinking Skills (HOTS) menghendaki siswa untuk menerapkan informasi baru atau pengetahuan sebelumnya dan memanipulasi informasi untuk menjangkau kemungkinan jawaban dalam situasi yang baru.Berpikir tingkat tinggi adalah berpikir pada tingkat lebih tinggi dari pada sekedar menghafal fakta atau mengatakan sesuatu kepada seseorang persis seperti sesuatu itu disampaikan. Berpikir tingkat tinggi yaknimenggunakan pemikiran yang kompleks,pemikiran non algorithmic untuk menyelesaikan  suatumasalah yang tidak dapat diprediksi,menggunakan pendekatan yang berbedadengan masalah yang telah ada dan berbedadengan contoh. Salah satu alternatif pedekatan pembelajaran yang dapat membantu siswa mengoptimalkan kemampuan HOTS adalah melalui pendekatan pembelajaran Problem Solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS)pada siswa.. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan desainPretest-Postest Control Group Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 9 kelas IPA dan 4 kelas IPS dengan jumlah seluruh siswa 510 orang. Sampel diambil dua kelas menggunakan teknik simple random sampling yaitu kelas XIPA9 yang berjumlah 37 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XIPA 6 yang berjumlah 37 orang sebagai kelas kontrol. Kondisi awal kemampuan HOTS siswa kedua kelas ini seimbang.Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuanHOTSyang telah memenuhi unsur kevalidan dan reliabel.Rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 18,57 dan kelas Kontrolsebesar 19,23. Sedangkan rata-rata hasil postest kelas eksperimen sebesar45,54 dan kelas kontrol sebesar 27,43. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung= dan ttabel= 1,993 pada taraf signifikan 0,05. Karena thitung lebih besar dari pada ttabel maka H0 ditolak Ha diterima. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS)siswa. Oleh karena itu hendaknya model pembelajaran Problem Solvingsebagai salah satu alternatif solusi dalam mengoptimalkan kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi Trigonometri.

 

Kata kunci: Higher Order Thinking Skills (HOTS), Pendekatan Pembelajaran, Problem Solving.

Full Text:

PDF

References


Al Rajab, Lukman. 2016. Efektifitas pembelajaran matematika dengan strategi inquire yang di lengkapi dengan pembahasan tugas terstruktur dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN Bataraguru. Skiripsi.Baubau.Unidayan.

Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Theorems, 1(2).

Djamarah, S.B, & Zain Aswan. 2010. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah, Ali, & Muhlisrarini.2014.Perencanaan dan starategi pembelajaran matematika.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hamiyah, Nur, & Jauhar, Moh. 2014. Strategi belajar mengajar di kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Handayani, Ririn, dkk. 2013. Pengaruh pembelajaran problem solving berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X. Jurnal inovasi pendidikan kimia(Vol. 7, no. 1, hal. 1051-1062). Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Lewy, dkk. 2009. Pengembangan soal untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi pokok bahasan barisan dan deret bilangan di kelas IX akselerasi SMP XA VERIUS MARIA PALEMBANG. Jurnal pendidikan matematika (Vol. 3, no 2).

Muhsetyo, Gatot, dkk. 2009. Pembelajaran matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Novita, Dian. 2013. Analisis kemampuan berpikir tingkt tinggi siswa dengan gya belajar tipe investigatif dalam pemecahan masalah matematika kelas 10 di SMPN 10 kota Jambi. Artikel ilmiah. Universitas Jambi.

Pita, Waode. 2016. Efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Baubau. Skripsi.Baubau.Unidayan.

Rusman. 2014. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Rofiah, Emi, dkk. 2013. Penyusuna instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika pada siswa SMP. Jurnal pendidikan fisika(Vol. 1, no. 2, hal. 17).Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan makna pembelajaran untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Bandung: Alfabeta

Shadiq, Fadjar. 2014. Starategi pemodelan pada pemecahan masalah matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siregar, Evalina, & Nara, Hartini. 2011. Teori belajar dan pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesi.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi pembelajaran matematika kontenporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Subanji. 2013. Pembelajaran matematika kreatif dan inovatif. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. 2015. Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, Rostina. 2014. Statistik penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudjana. 2005. Metode statistika. Bandung: Tarsito.

Trianto. 2014. Mendesai model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Kencana.

Winarti. 2015. Profil kemampuan berpikir analisis dan evaluasi mahasiswa dalam mengerjakan soal konsep kalor. Jurnal inovasi dan pembelajaran fisika(Vol. 2, no. 1).UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Winataputra, Udin. S. 2008. Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wena, Made. 2011. Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

                               

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

MAILING ADDRESS

Jalan Universitas Majalengka No. 1 Majalengka

PRINCIPAL CONTACT

Zaenal Arifin
Universitas Majalengka
Phone: 082218560919
Email: arifin1169@gmail.com