Software Geogebra untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis pada Materi Graf

Nia Kania

Abstract


Abstrak—Kajian ini dikarenakan kemampuan komunikasi mahasiswa yang masih rendah.Kemampuan komunikasi merupakan salah satu aspek dari kemampuan matematis yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Ada lima aspek dalam kegiatan komunikasi matematika, yaitu: (a) representing; (b) listening; (c) reading; (d) discussing; dan (e) writin. Berdasarkan hasil pengamatan penulis, mahasiswa matematika Universitas Majalengka merasa kesulitan di dalam menterjemahkan konsep Graf pada matakuliah matematika diskrit. Hadirnya media software Geogebra menjadi alat bantu dalam membantu mahasiswa untuk memaknai permasalahan, memaknai konsep graf matematika, sehingga mereka dapat menyelesaikan masalah/soal matematika terkait graf dengan baik.

Full Text:

PDF

References


Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Theorems, 1(2).

Alip. (2011). Perkenalan dengan Geogebra software matematika Gratios. [online]. Tersedia: http://www.roomantik.com/2011/11/p erkenalan-dengan-geogebrasoftware.html [diakses 17 Mei 2018]

Baroody. A.J. (1993). Problem Solving, Reasoning, and Communicating. New York: Macmillan Publising

Guerreiro, A. (2008). Communication in mathematics teaching and learning: Practices in primary education. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta, UNY, 27 Nov 2010, ISBN : 978- 979-16353-5-6. Page 729[online]. Tersedia: http://yess4.ktu.edu.tr/YermePappers/Ant_%20Guerreiro.pdf [di akses pada tanggal 28 Mei 2018].

Hohenwarter, M. & Fuchs, K. (2004). Combination of Dynamic Geometry, Algebra, and Calculus in the Software System Geogebra.[Online] Tersedia; http://archive.geogebra.org/static/publications/pecs_2004 pp 3[Diakses : 20 Maret 2018].

Kudus, N. (2012). Belajar Matematika bersama Geogebra. [online]. Tersedia:http://blog.unsri.ac.id/nurdinawatikud us/media-pembelajaran/belajarmatematika-bersamageogebra/mrdetail/55236[diakses 17 Mei 2018]

Kusumah, Yaya S. (2003). Desain dan Pengembangan Bahan Ajar Matematika Interaktif Berbasiskan Teknologi Komputer. Makalah terdapat pada Seminar Proceeding National Seminar on Science and Math Education. Seminar diselenggarakan oleh FMIPA UPI Bandung bekerja sama dengan JICA.

Mustangin. (2002). Dasar-Dasar Pembelajaran Matematika. (Malang: Universitas Islam Malang, 2002).

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Tersedia :http://www.k12academics.com/education-reform. [Diakses : 20 Maret 2018].

Rossen, K. H. 2003. Discrete Matematics and its Applications, fifth edition. New York: VAGA.

Sumarmo, U. (2005). Pengembangan Berfikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa SLTP dan SMU Serta Mahasiswa Strata Satu (S1) Melalui Berbagai Pendekatan Pembelajaran. Laporan Penelitian (Hibah Pascasarjana). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

                                   

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

MAILING ADDRESS

Jalan Universitas Majalengka No. 1 Majalengka

PRINCIPAL CONTACT

Zaenal Arifin
Universitas Majalengka
Phone: 082218560919
Email: arifin1169@gmail.com