Penggunaan Software Lindo dalam Matakuliah Program Linear

Zaenal Arifin

Abstract


Abstrak— Munculnya berbagai aplikasi atau software dari ilmu matematika dalam kehidupan sehari-hari memberikan arti bahwa matematika merupakan dasar, alat, ataupun pelayan bagi ilmu-ilmu lain. Berbagai permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari terkadang dapat dinyatakan dalam suatu sistem bersifat sistematis yang sering disebut dengan pemodelan matematika. Untuk keperluan menyelesaikan program linear sudah tersedia program khusus salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah software Lindo (Linear Interactive Discreat Optimizer). Software ini dapat menyelesaikan permasalahan program linear dengan muda, cepat dan akurat bahkan mampu menyelesaikan masalah program linear sampai 100 constraints (fungsi kendala). Salah satu yang utama dari software Lindo adalah memasukan rumus berdasarkan penyelesaiannya. Rumus yang dimaksud disini dalam bentuk matematika. Jika menggunakan program linear secara manual atau dengan menggunakan metode simpleks akan lebih sulit dan memakan waktu lebih lama karena membutuhkan ketelitian dan ketekunan yang tinggi. Untuk itu sangatlah tepat jika masalah dalam program linear dengan berbagai kejadian masalah optimasi ataupun segala permasalahan optimasi dalam dunia nyata di cari penyelesaiannya dengan Lindo. Secara umum software lindo akan menyediakan pengalaman langsung kepada pelajar ataupun mahasiswa dalam belajar merumuskan. Dengan menggunakan software lindo diharapkan dapat meningkatkan keberhasilan dalam belajar, khususnya pada matakuliah Program Linear.

 

Kata Kunci: Program Linear, Software Lindo

Full Text:

PDF

References


Angeline, A., Iryanto, I., & Tarigan, G. 2014. Penerapan Metode Branch and Bound dalam Menentukan Jumlah Produksi Optimum pada CV. XYZ. Saintia Matematika, 2(2), 137-145.

Hermanto, Teguh. 2010. Menyelesaikan Masalah Optimasi dalam Program Linear dengan Lindo. [online]. Tersedia: http://id.scribd.com/doc/34179882/MENYELESAIKAN-MASALAHOPTIMASI [15 Juli 2018]

Jek Siang, Jong. 2014. Riset Operasi dalam Pendekatan Algoritmis. Yogyakarta: ANDI.

Rosiyanti, H. 2016. Penggunaan Software Lindo dengan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Matematika Angkatan 2013 pada Matakuliah Program Linear. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 19-27.

Schrage Linus. 1991. Lindo. An Optimization Modelling System. Chicago: The Scientific Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v3i1.879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.