Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa

Attin Warmi

Abstract


Abstrak—Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini menggunakan desain kelompok kontrol pre-test dan pos-test yang melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Karawang Barat. Sampel dari penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII O sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 48 siswa dan kelas VIII K sebagai kelas kontrol berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari  pemberian pretes dan postes kemampuan berpikir kreatif matematis. Teknik analisis data yang digunakan untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yaitu dengan gain ternormalisasi(N-Gain), yaitu membandingkan skor pre-test dan pos-test.  Hasil uji normalitas data n-gain kedua kelas berasal dari populasi yang berdistribusi normal, sedangkan hasil perhitungan uji homogenitas nilai signifikansinya 0.008 kurang dari 0.05 artinya varians dari data tersebut tidak homogen. Dikarenakan salah satu uji prasyarat tidak terpenuhi maka untuk untuk melihat perbandingan peningkatan dua kelompok antara kelas eksperimen dan kelas kontrol  menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang melaksanakan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkat lebih baik daripada siswa yang melaksanakan pembelajaran konvensional.

 Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Pembelajaran Berbasis Masalah.


Full Text:

PDF

References


Meltzer, D.E. (2002). The Realitionship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics; A Possible Hidden Variable in Diagnostic Pretes Score. [

Munandar, A. (1999). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak. Jakarta: PT Gramedia

Russefendi, E.T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung : Tarsito

Russefendi, E.T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito

Sanjaya, H.W. (2011). Stratrgi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana

Suprijono, A.(2010). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Surya, H. (2011). Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta : PT Gramedia

Tim MKPBM Jurusan Pendidikan Matematika. (2001). Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivisme. Penerbit Prestasi Pustaka, Jakarta.

Putra, Tomi dkk. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, Part 3:Hal 22-26. Vol.1.No.1. Universitas Negeri Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v2i2.724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.