Mengembangkan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia

Milah Nurkamilah, M. Fahmi Nugraha, Aep Sunendar

Abstract


Abstrak— Literasi matematika siswa-siswi Indonesia berdasarkan penilaian PISA dan PIRLS masih berada pada kategori rendah. Literasi matematika mencakup bagaimana siswa mampu mengetahui dan menggunakan dasar matematika untuk menyelesaikan masalah dalam konteks kehidupan nyata. Penting mengembangkan literasi matematika sejak pendidikan dasar, karena menunjang kemampuan matematis siswa pada jenjang berikutnya serta menumbuhkan kesadaran bahwa matematika ada dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari terutama pada zaman dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat saat ini. Pembelajaran Realistik Matematika Indonesia (PMRI) merupakan salah satu pendekatan atau model pembelajaran yang dapat memfasilitasi perkembangan literasi matematika siswa sekolah dasar. Prinsip utama PMRI yang menekankan bahwa matematika merupakan aktifitas manusia dan materi matematika harus bermakna bagi siswa, menjadi pendorong untuk mengembangkan literasi matematika melalui tahapan pembelajarannya. Artikel ini mengkaji tentang literasi matematika siswa sekolah dasar dan pengembangannya melalui PMRI.

 

Kata Kunci: Literasi, Literasi Matematika, Siswa Sekolah Dasar, PMRI, RME.

Full Text:

PDF

References


Carter, S. (2010). Infusing math with literacy. Reading today, in the classroom.

De Lange, Jan. (2015). Mathematical literacy for living from OECD-PISA perspective. Tsukuba journal of educational study in Mathematics, Vol. 25, 2006. P 13-35.

Echols & Shadily.(1996). Kamus Inggris Indonesia. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Faizah, D.U., dkk. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah di SD. Jakarta: Kemdikbud.

Heruman. (2013). Model pembelajaran matematika di sekolah dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

OECD. (2014). PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do – Student Performance in Mathematics, Reading and Science (Volume I, Revised edition, February 2014). Paris: OECD Publishing, 2014.

Ojose, B. (2011). Mathematics literacy: Are we able to put the mathematics we learn into everyday use?. Journal of Mathematics Education, June 2011, Vol.4, No. 1., pp. 89-100.

Rahayu, R. (2015). Pembelajaran matematika realistik indonesia berbasis keunggulan lokal untuk membangun disposisi matematis dan karakter cinta tanah air. Seminar Nasional Maret 2017, p. 152-163.

Sari, Rosalia H.N. (2015). Literasi matematika: Apa, mengapa, dan bagaimana? . Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015. 713- 720. ISBN. 978-602-73403-0-5

Schunk, Dale H. (2012). Learning theories: an educational perspective. Boston: Pearson.

Stacey, K. 2010. The View of Mathematical Literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education (IndoMS-JME), July 2011, Vol. 2: 1-24.

Suryanto. (2010). Sejarah pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI). Yogyakarta.

Wledarti, dkk. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Kemdikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

                               

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

MAILING ADDRESS

Jalan Universitas Majalengka No. 1 Majalengka

PRINCIPAL CONTACT

Zaenal Arifin
Universitas Majalengka
Phone: 082218560919
Email: arifin1169@gmail.com