Implementasi Model Cooperatif Learning Type Jigsaw untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Mahasiswa

Zuli Nuraeni

Abstract


Abstrak— Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian mahasiswa semester 4 Pendidikan matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Model Cooperatif Learning Type Jigsaw pada mata kuliah Aljabar Linear mahasiswa semester 4 STKIP Muhammadiyah Kuningan untuk meningkatkan partisipasi belajar mahasiswa dalam perkuliahan. Pada akhir siklus I rata-rata partisipasi belajar mahasiswa sebesar 3,38, sedangkan pada akhir siklus II rata-rata partisipasi belajar mahasiswa sebesar 3,61. Rata-rata keaktifan mahasiswa pada akhir siklus I adalah 3,37, dan rata-rata keaktifan mahasiswa pada akhir siklus II adalah 3,51. Pada akhir siklus I rata-rata nilai mahasiswa 70, mahasiswa yang memperoleh nilai kurang dari 75 sebanyak 44,44% dan mahasiswa yang memperoleh nilai lebih dari 75 sebanyak 55,56%. Sedangkan pada akhir siklus II rata-rata nilai mahasiswa 83,67, mahasiswa yang memperoleh nilai kurang dari 75 sebanyak 22,22% dan mahasiswa yang memperoleh nilai lebih dari 75 sebanyak 77,78%. Mahasiswa yang memperoleh nilai kurang dari 75 menurun sebanyak 22,22% dari siklus I ke siklus II, dan mahasiswa yang memperoleh nilai lebih dari 75 naik sebanyak 22,22% dari siklus I ke siklus II. Terjadi peningkatan rata-rata nilai mahasiswa dari siklus I ke siklus II sebesar 16,67.

 

Kata Kunci: Cooperatif Learning Type Jigsaw, Penelitian Tindakan Kelas.

Full Text:

PDF

References


Arends, R.I., & Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning “becoming an accumplhised teacher”. New York: Published in the Taylor & Francis e-library.

Hasibuan, J.J., & Moedjiono. (2002). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jacobson D.A., Eggen, P., & Kauchak, D. (2009). Methods for Teaching. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Lie, A. (2002). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Martinis Yamin. (2007). Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.

Riyanto, Yatim. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran sebagai Referensi Bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Sardiman. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajawali Press.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusamedia.

Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Syah, M. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Wardani, I. G.A.K., Wihardi, K., & Nasution, N. (2002). Penelitian Tindakan Kelas. Jakata: Universitas Terbuka Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.