Pengembangan Pedagogical Kontent Knowledge (PCK) Calon Guru Matematika

M. Gilar Jatisunda

Abstract


Abstrak— Menjadi guru berarti menjalankan tanggung jawab sebagai guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Pedagogical Content Knowledge (PCK) merupakan salah satu jenis pengetahuan yang penting bagi guru dalam mengajar agar materi yang disampaikan dapat dengan mudah dipahami oleh siswa. Artikel ini membahas pengembangan Pedagogical Content Knowledge (PCK) dan bagaimana mengembangkannya. Praktek refleksi merupakan salah satu cara untuk mengembangkan Pedagogical Content Knowledge (PCK) bagi calon guru. Didactical Design Reseacrh (DDR) merupakan salah satu bentuk dari praktek refleksi yang bisa di gunakan oleh calon guru dalam mengembangkan Pedagogical Content Knowledge (PCK),  karena di dalam proses. Didactical Design Research (DDR) terdiri dari tiga tahap yang menuntut calon guru matematika untuk menganalisis (1) Analisis situasi didaktis sebelum pembelajaran (prospective analysis) yang wujudnya berupa Desain Didaktis Hipotesis termasuk ADP, (2) analisis metapedadidaktif, dan (3) analisis restrosfektif (restrospective analysis) yakni analisis yang mengaitkan hasil analisis situasi didaktis hipotesis dengan hasil analisis metapedadidaktik.

 

Kata Kunci: Calon Guru Matematika, Didactical Design Reseacrh, Pedagogical Content Knowledge.


Full Text:

PDF

References


Bakker, A. (2004). Design research in statistics education: On symbolizing and computer tools (Doctoral dissertation).

Cobb, P. (2000). of Research and Instruction. Multiple perspectives on mathematics teaching and learning, 1, 45.

Day, C. (1999). Developing teachers: The challenges of lifelong learning. Psychology Press.

Even, R., & Tirosh, D. (1995). Subject-matter knowledge and knowledge about students as sources of teacher presentations of the subject-matter. Educational studies in mathematics, 29(1), 1-20.

Gess-Newsome, J. (1999). Pedagogical content knowledge: An introduction and orientation. In Examining pedagogical content knowledge (pp. 3-17). Springer Netherlands.

Hill, H. C., Rowan, B., & Ball, D. L. (2005). Effects of teachers’ mathematical knowledge for teaching on student achievement. American educational research journal, 42(2), 371-406.

Holmqvist, M. (2017). Models for collaborative professional development for teachers in Mathematics. International Journal for Lesson & Learning Studies, 6(3).

Loewenberg Ball, D., Thames, M. H., & Phelps, G. (2008). Content knowledge for teaching: What makes it special?. Journal of teacher education, 59(5), 389-407.

Loughran, J. (2005). Researching teaching about teaching: Self-study of teacher education practices. Studying Teacher Education, 1(1), 5-16.

Rohimah, S. M. (2015). Pengembangan Desain Didaktis Untuk Mengatasi Learning Obstacles Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Pada Siswa Kelas VII SMP (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Saptono, Sigit, dkk (2017) Profil Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru Biologi. Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesi Lembaran Ilmu Kependidikan. Volume 46. Nomor 1. September 2017.

Shulman, L. S. (1986). Those who understand: Knowledge growth in teaching. Educational researcher, 15(2), 4-14.

Silverman, J., & Thompson, P. W. (2008). Toward a framework for the development of mathematical knowledge for teaching. Journal of mathematics teacher education, 11(6), 499-511.

Suryadi, D. (2010). Didactical design research (DDR) dalam pengembangan pembelajaran matematika. In Bandung: Seminar Nasional Pembelajaran MIPA di UM Malang (Vol. 13).

Turmudi, T., Kusumah, Y. S., Juandi, D., & Mulyana, E. (2015). Development Of Didactical Design Of Mathematics Pedagogy Through Professional Program Of Mathematics Teacher Education. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 21(1), 10-23.

Van den Akker, J., Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N. (Eds.). (2006). Educational design research. Routledge.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.