Penerapan Model Probing-Prompting Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa

Rusdian dan Aisyah

Abstract


Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa dengan model probing-prompting learning. Penelitian ini merupakan studi kuasi eksperimen berdesain kelompok kontrol non-ekiuvalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 3 Pandeglang, sedangkan yang dijadikan sampel yaitu siswa kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 3 sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes koneksi matematis tipe uraian yang terdiri dari lima butir soal. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa tidak terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh model probing-prompting learning.

Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Model Probing-prompting learning.

Full Text:

PDF

References


Hendriana, H & Sumarmo, U. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Meltzer, D. E. 2002. The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: A Possible “Hidden Variable” in Diagnostic Pretest Score. Journal of Physics. Vol. 70 (12) 1259-1268

NCTM (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston,VA: NCTM.

Santoso, K. (2012). Aplikasi SPSS pada Statistik Multivariat. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Suherman, E. dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA (UPI).

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, U. (1994). Suatu Alternatif untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika pada Guru dan Siswa SMP. Laporan Penelitian IKIP Bandung: Tidak diterbitkan.

Trihendradi, C. 2009. Step by Step SPSS 16 Analisis Data Statistik. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

                               

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

MAILING ADDRESS

Jalan Universitas Majalengka No. 1 Majalengka

PRINCIPAL CONTACT

Zaenal Arifin
Universitas Majalengka
Phone: 082218560919
Email: arifin1169@gmail.com