Assesmen Portofolio dalam Pembelajaran Matematika

Nia Kania

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk melakukan kajian tentang assesmen portofolio dalam pembelajaran matematika. dalam proses pembelajaran matematika dapat memetakan sejauh mana tujuan pembelajaran yang telah tercapai. dapat dilakukan melalui pengukuran (deskripsi kuantitatif) dan/atau melalui non-pengukuran (deskripsi kualitatif). Evaluasi non-pengukuran merupakan pengumpulan sejumlah informasi mengenai tingkat pemahaman siswa yang dilakukan oleh guru melalui pertanyaan, pernyataan, observasi, dan pemberian tugas. Kegiatan guru tersebut sangat bermanfaat dalam menentukan tingkat penguasaan siswa dan dalam menilai keefektifan proses pembelajaran. Informasi yang akurat tentang hasil belajar, minat dan kebutuhan siswa hanya dapat diperoleh melalui assesmen dan yang efektif. Assesmen yang sedang berkembang saat ini adalah assesmen portofolio yang memiliki banyak manfaat baik bagi guru maupun bagi siswa. Assesmen portofolio lebih luas dibandingkan melalui tes, karena dengan portofolio, guru dapat mengikuti perkembangan kognitif, sikap, minat dan berbagai kegiatan siswa berkaitan dengan matematika. Dengan demikian guru dapat memanfaatkan assesmen portofolio dalam meningkatkan mutu pembelajaran yang pada gilirannya akan meningkatkan mutu hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: assesmen portofolio, pembelajaran matematika, portofolio matematika


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.