Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa

Erik Santoso

Abstract


Pembelajaran matematika bertujuan untuk memberikan kemampuan logis pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematik siswa melalui pembelajaran berbasis masalah berbantuan media audio visual. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain one sampel pretest and postest control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI di salah satu SMP di Kota Tasikmalaya. Pengumpulan data menggunakan teknik tes kemampuan pemahaman. Analisis data menggunakan analisis uji parametrik paired sample t test jia distribusi data normal. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media audio visual efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa.

Full Text:

PDF

References


Konopko, J. (2015). Unlocking the potential of the smart grid. AIP Conference Proceedings, 1702(1), 70005. https://doi.org/10.1063/1.4938795

Luo, Y., Zhou, R. Y., Mizunoya, S., & Amaro, D. (2020). How various types of disabilities impact children’s school attendance and completion - Lessons learned from censuses in eight developing countries. International Journal of Educational Development, 77, 102222. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2020.102222

Manora, R. E., Anggadewi, B. E. T., & Evanjeli, L. A. (2020). Penerapan Penataan Kelas Yang Ramah Anak Di Sekolah Dasar Inklusi: Studi Deskriptif. Pendidikan Bela Negara, 78, 82.

Mastiani, E., Trisnamansya, S., Wasliman, I., Management, L., & Mentally, M. (2021). Manajemen Pembelajaran Keterampilan sebagai Persiapan Pekerjaan Anak Tunagrahita Ringan Jenjang SMALB. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(1), 56–65.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v8i1.5076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.