Pengaruh Model Pembelajaran Metakognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Muhammad Bayu Al Dhana, Nurullita Astriani

Abstract


Metacognitive learning can help students develop their knowledge so that they can improve cognitive activity, especially in learning mathematics. In learning mathematics the ability to solve mathematical problems is a fundamental and very important problem solving ability. The purpose of this study is to determine the effect of the metacognitive learning model on mathematical problem solving abilities. This research is a quantitative research with a quasi-experimental type. The population in this study were all students of class IX at SMP Negeri 1 Pangkalan Susu. The sample in this study consisted of 2 classes, namely class IX-1 which was used as the experimental class and class IX-2 which was used as the control class. This study involved a type of instrument, namely a test in the form of a description test on congruence and similarity. This shows that there is an influence of the metacognitive learning model on mathematical problem solving abilities.

 


Full Text:

PDF

References


Agustami, Aprida, V., dan Pramita, A. 2021. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM). Volume 3, Nomor 1, Tahun 2021. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/279

Astriani, N dan Dhana, M.B.A. 2020. Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Journal of Didactic Mathematics, 1(1), 16-21. DOI: https://doi.org/10.34007/jdm.v1i1.147.

Astriani, N. dan Dhana, M.B.A. 2022. Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran. p-ISSN : 1978-936X. e-ISSN : 2528-0562. Vol. 16, No. 2, Desember 2022, pp. 246-250. DOI: http://dx.doi.org/10.26877/mpp.v16i2.13521.

Dhana, M.B.A. 2019. Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang diberi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Dan Student Teams Achievement Divisions (STAD). Jurnal Penelitian Pendidikan dan Sains (JP2S). Vol. 01. No. 02. Agustus 2019. ISSN :2656-7792. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?cluster=1419776703166053825&hl=en&oi=scholarr

Elita, G.S., Habibi, M., Putra, A., dan Ulandari, N. 2019. Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. p-ISSN: 2086-4280. e-ISSN: 2527-8827. 447 Volume 8, Nomor 3, September 2019. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv8n3_9

Hasbullah., Muchtar, H., dan Wibawa, B. 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran Metakognitif dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa (Exsperimen pada Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Wanasaba Lombok Timur). Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 19, No. 2, Agustus 2017. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v19i2.6096

Indarini, E., Sadono, T., dan Onate, M.E. 2013. Pengetahuan Metakognitif Untuk Pendidik dan Peserta Didik. Satya Widya, Vol. 29, No.1. Juni 2013: 40-46. DOI:10.24246/j.sw.2013.v29.i1.p40-46

Jainuri, M., Yohanes., dan Sholehah, N. 2019. Pengaruh Pendekatan Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mat-Edukasia. Vol. 4 No. 2, Oktober 2019. e-ISSN: 2656-5552. Retrieved from http://journal.stkipypmbangko.ac.id/index.php/mat-edukasia/article/view/237

Luthfiana, M., Yuliansyah., dan Fauziah, A. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI IPA MA Negeri 1 Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education). Volume 1, No 1, Januari-Juni 2018. e-ISSN : 2614-6088. p-ISSN : 2620-732X. DOI: https://doi.org/10.31539/judika.v1i1.184

Marian, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., dan Hidayat, W. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN dengan Menggunakan Metode Open Ended Di Bandung Barat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 3, No. 1, Mei 2019, pp. 178-186. E-ISSN : 2579-9258. P-ISSN : 2614-3038. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.94

Maulana, A. 2017. Pengaruh Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika). ISSN 2477-2348 (Electronic) ISSN 2477-2348 (Print) Vol. 02, No. 02. (Juni 2017). DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v2i2.2492

Munir, N.P. 2016. Pengaruh Kesadaran Metakognitif terhadap Motivasi Belajar dan Kaitannya dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri di Kota Pare-Pare. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan ALam. Vol.4, No.2, hal.117-128. ISSN(P): 2527-3744; ISSN(E):2541-6499. DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v4i2.256

Soinbala, H dan Mulyatna, F. 2019. Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. de Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 2 | No. 1 Juni 2019. DOI: https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.39

Sumartini, T.S. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal “Mosharafa”. Volume 5, Nomor 2, Mei 2016. ISSN 2086 4280. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270

Virgia, Z., Granita., dan Nelson, Z. 2019. Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning). p-ISSN: 2621-7430 |e-ISSN: 2621-7422. Vol. 2 , No. 4 , Desember 2019, 371 – 379. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i4.8566

Yuhani, A., Zanthy, L.S., dan Hendriana, H. 2018. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Volume 1, No. 3, Mei 2018. ISSN 2614-221X (print). ISSN 2614-2155 (online). DOI: http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p445-452




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v8i1.5070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.