ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DASAR PEMODELAN MATEMATIKA PADA MAHASISWA AKADEMI BAHASA ASING BALIKPAPAN

Siti Norhidayah Norhidayah, Era Wahyu Wahyu Ningsih

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode sensus. Metode sensus ini menggunakan seluruh anggota populasi sebagai sampel penelitian. Adapun sampel penelitian ini adalah mahasiswa Akademi Bahasa Asing Balikpapan Bidang Studi Bahasa Inggris pada Tahun Akademik 2022/2023 berjumlah 61 orang. Instrumen penelitian terbagi atas 2 bagian, berupa kuisioner yang menggambarkan sikap mahasiswa dalam memandang ilmu matematika dan hubungannya dengan ilmu bahasa yang mereka pelajari dan soal pemodelan matematika yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan matematis mahasiswa dalam membaca soal, memodelkan, menyelesaikan, menyimpulkan dan menginterpretasikannya kembali dalam bahasa sehari-hari. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengukur kemampuan mahasiswa Akademi Bahasa Asing yang memiliki kemampuan berbahasa dalam menyelesaikan soal pemodelan matematika dengan benar dan tepat sesuai dengan cara yang benar. Hasil penelitian ini didapatkan jika mahasiswa pembelajar Bahasa juga menyukai bidang ilmu Matematika serta mampu menyelesaikan soal pemodelan matematika dengan benar maka kemampuan berbahasa secara tertulis juga baik. Dengan kata lain, jika kemampuan nalar matematika mahasiswa bagus maka kemampuan  berkomunikasi dalam bahasa tulisan mahasiswa tersebut juga baik.


Full Text:

PDF

References


Ang, K. C. (2006). (2006). Mathematical modelling, technology and H3 mathematics.

Blum, W., & Ferri, R. B. (2009). Mathematical modelling: Can it be taught and learnt? Journal of Mathematical Modelling and Application.

Garfunkel, S & Monthomery, M. (2019). GAIMME : Guidlines For Assesment & Instruction In Mathematical Modelling Education.

Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 121–129. www.jurnal.uniga.ac.id

Masjaya, M. and Wardono, W. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM. In Prosiding Seminar Nasional Matematika. (Vol. 1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v7i2.4519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.