ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Della Puspita Sari, Siti Aisyah, Cut Latifah Zahari

Abstract


Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk menganalisis hasil jawaban tes soal PISA untuk mengukur tingkat kemampuan literasi matematika siswa berdasarkan gaya belajar siswa. Instrumen untuk mengumpulkan data siswa berupa tes PISA dan angket gaya belajar. Subjek yang dipilih untuk dijadikan subjek pada penelitian adalah 26 siswa dari kelas IX SMP Negeri 22 Medan. Teknik analisis data yang digunakan pada tes PISA adalah Model Miles dan Huberman. Teknik analisis data yang digunakan pada angket gaya belajar menggunakan Skala Likert. Kesimpulan pada penelitian ini adalah (1) tingkat kemampuan literasi matematika siswa kelas IX dalam menyelesaikan soal PISA dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik di SMP Negeri 22 Medan tergolong sedang hingga rendah, (2) siswa yang tipe gaya belajar auditori lebih berpotensi dan unggul dalam hal kemampuan literasi matematika berdasarkan penyelesaian soal tes PISA dibandingkan siswa tipe gaya belajar visual dan kinestetik.


Full Text:

PDF

References


Allinda Hamidah. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia, 10(02), 157–162. https://doi.org/10.37850/cendekia.v10i02.70

Cahya Ritonga, N., & Fitriah Rahma, I. (2021). Analisis gaya belajar VAK pada pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa. Jurnal Analisa, 7(1), 76–86. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index

Erlina, & Hakim, D. L. (2019). Kecerdasan Logis Matematis Siswa SMP pada Scaffolding. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 2014, 1165–1173. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/download/2941/1971

Fajri, N. U. R. (2017). Program Studi Pendidikan Sosiologi September 2017. September, 1–10.

Fitriana, A. S., & Lestari, K. E. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Space and Shape Ditinjau Dari Level Kemampuan …. … Jurnal Pembelajaran Matematika …, 5(3), 859–868. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.859-868

Furqon, S., Siswanah, E., & Tsani, D. F. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik Kelas IX berdasarkan Gaya Belajar menurut David Kolb. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(01), 12–27. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i01.11438

Golla, E., & Reyes, A. (2022). Pisa 2022 Mathematics Framework ( Draft ). November 2018. https://pisa2022-maths.oecd.org/files/PISA 2022 Mathematics Framework Draft.pdf

Hasanah, M., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Pada Soal Matematika PISA Konten Quantity dan Konten Change and Relationship. JURING (Journal for Research in …, 5(2), 157–166. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/13785%0Ahttp://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/download/13785/7819

Hayati, T. R., & Kamid, K. (2019). Analysis of Mathematical Literacy Processes in High School Students. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(3), 116–119. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v2i3.70

Himmi, N., Supiati, P., & Husna, A. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Visual. Vygotsky, 4(1), 13. https://doi.org/10.30736/voj.v4i1.437

Madyaratri, D. Y., Wardono, & Prasetyo, A. P. B. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning dengan Tinjauan Gaya Belajar. Prisma, Prosicing Seminar Nasional Matematika, 2, 648–658. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29213

Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Prisma, 1, 140–144. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/%0AMelatih

Matussolikhah, R., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 225–236. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1030

Qadry, I. K. (2022). Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Space and Shape Pada Kelas Ix Smp Negeri 13 Makassar Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Space and Shape Pada Kelas Ix Smp Negeri 13 Makassar. Jurnal Matematika Dan Aplikasinya (IJMA), 2(2), 78–92. file:///C:/Users/USER/Downloads/99-Article Text-488-1-10-20220309.pdf

Rosidi, A., Jufri, A. W., Handayani, B. S., & Idrus, A. Al. (2021). Sikap dan Gaya Belajar Biologi Siswa SMAN 1 Batulayar semasa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 412–416. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.237

Simangunsong, A. R. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Islamika Granada, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.51849/ig.v2i1.19

Wilujeng, S., & Sudihartinih, E. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 53–63.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v7i2.4498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.