PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LECTURE MAKER MATERI LOGIKA MATEMATIKA KELAS XI SMK

Nur hidayat, Supratman Supratman, Khomsatun Ni’mah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Lecture Maker dan untuk mengetahui kualitas efektifitas pemahaman konsep Logika Matematika setelah menggunakan media pembelajaran Lecture Maker. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan model pengembangan 4D Models yang melalui beberapa tahap yaitu Define, Design, Development, dan Dissemination. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, validasi media dan materi, angket respon kepada peserta didik, dan tes kemampuan pemahaman konsep logika matematika. Hasil validasi dari ahli media dan materi dinyatakan “valid”. Selain itu dilakukan tes pemahaman konsep Logika Matematika kepada 29 peserta didik setelah menggunakan produk pengembangan. Respon diberikan dan sebanyak 73,50% peserta didik memberikan penilaian baik. Kualitas efektifitas dari penggunaan media pembelajaran Lecture Maker pada materi Logika Matematika mengacu pada hasil perhitungan effect size sebesar 2,15 yang menunjukan interpretasi efektifitas yang besar. Peningkatan pemahaman konsep peserta didik mengacu pada hasil perhitungan rata-rata pretest dan postest yaitu dari 19,52% menjadi 34,72% menunjukkan interpretasi peningkatan yang “Besar”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Lecture Maker  valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika materi logika matematika pada kelas XI SMK

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran (Revisi). Rajagrafindo Persada.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Experiments, quasi-experiments, single-case research and meta-analysis. In Research Methods in Education. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203029053-23

Fatmawati, R. N. (2021). No Title. IAIN Salatiga. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/10660

Fitriati, I., & Ghazali, M. (2018). Pengembangan media pembelajaran menggunakan Software Lecture Maker pada mata pelajaran pemrograman dasar di SMK Negeri 9 Bima. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 8(1), 77–86. https://doi.org/10.37630/jpm.v8i1.67

Heppinia, M., & Tiya, K. (2015). Analisis kesalahan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wawotobi dalam menyelesaikan soal-soal pecahan. 3(3), 27–40. http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3018/2269

Ihsan, M., & Musyrifah, M. (2020). Pembuatan media pembelajaran menggunakan software lecture maker pada mata kuliah dasar-dasar pemrograman pada program studi pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 1(2), 8–18. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v1i2.479

Istiningsih, S., Fauzy, M., & Nisa, K. (2018). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 1 Sdn 1 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 31–41. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.04

Khoerunnisa, S. N., Ratnaningsih, N., & Lestari, P. (2021). Pengembangan Digibook Trigonometri Berbasis Flip PDF untuk Mengeksplor Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3082–3096. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.995

Munir, M. (2012). Multimedia konsep & aplikasi dalam pendidikan. Alfabeta, CV. www.cvalfabeta.com%0A

Nurhalimah, S. R., Suhartono, S., & Cahyana, U. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Sifat Koligatif Larutan. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(2), 160–167. https://doi.org/10.21009/jrpk.072.10

Nurmeidina, R., Lazwardi, A., & Ariyanti, I. (2020). The Student’s Disposition Mathematical Profile By Using Probability Theory Module. International Journal on Emerging Mathematics Education, 4(2), 73. https://doi.org/10.12928/ijeme.v4i2.15625

Pangesti, M. D. (2020). Implementasi E-learning schoology untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran media promosi produk Teknik komputer dan informatika Di SMK Antonius Semarang. http://lib.unnes.ac.id/42824/1/5302415005 - Mutiara Diyah Pangesti.pdf

Pixyoriza, Netriwati, & Sugiharta, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Kvisoft Flipbook Berbasis Problem Solving. 5(1), 31–39.

Pramuditya, S. A., Noto, M. S., & Purwono, H. (2018a). Desain Game Edukasi Berbasis Android pada Materi Logika Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 165. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.919

Pramuditya, S. A., Noto, M. S., & Purwono, H. (2018b). Desain game edukasi berbasis android pada materi logika matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 165. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.919

Rismawati, M., & Asnayani, M. (2019). Analisis kesalahan konsep siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal ulangan matematika dengan metode Newman. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 69–78. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i2.495

Rosmiati, U., & Siregar, N. (2021). Promoting Prezi-PowerPoint presentation in mathematics learning: The development of interactive multimedia by using ADDIE model. Journal of Physics: Conference Series, 1957(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1957/1/012007

Selvia, F., Zairozie, A. Z., & Ainol. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Materi Garis Dan Sudut Kelas VII SMP. Jurnal Theorems, 7. http://jurnal.unma.ac.id

Sopian, Y. A., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan proses pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran creative problem solving dan resource based learning (studi eksperimen pada siswa kelas X SMK Krija Bhakti Utama Limbangan). Jurnal Elemen, 3(1), 97. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.317

Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian dan pengembangan. Penerbit Alfabeta.

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. CV Alfabeta.

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). CV Alfabeta.

Sujarweni V, W. (2014). Metode penelitian: Lengkap, praktis, dan mudah dipahami. Pustaka Baru Press.

Thiagarajan, T. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. Minnepolis: Indiana Universit.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v7i2.4411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.