BELAJAR GEOMETRI TRANSFORMASI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN BAHAN AJAR ETNOMATEMATIKA

Erik Santoso, Sudianto Sudianto, Dedi Nurjamil

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model problem based learning berbantuan bahan ajar etnomatematika. Jenis desain penelitian yang digunakan adalah jenis pre eksperimental dengan model one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTsN 11 Majalengka, pengambilan sampel dilakukan dengan metoda acak kelas dan terpilih satu kelas yang menjadi sampel penelitian yaitu siswa kelas IX-A MTsN 11. Penelitian dilaksanakan selama 6 kali pertemuan yang terdiri dari 1 kali pre-test, 1 kali post-test dan 4 kali proses pembelajaran di kelas. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama satu bulan yaitu pada bulan Februari 2022. Soal yang diberikan merupakan soal geometri transformasi yang terdiri dari translasi, refleksi, rotasi dan dilatasi. Hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran dengan model problem based learning berbantuan bahan ajar etnomatematika.


Full Text:

PDF

References


Aini, E. P., & Masykur, R. (2018). Handout Matematika berbantuan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal. 1(1), 73–79.

Amin, I., & Mariani, S. (2017). PME Learning Model : The Conceptual Theoretical Study Of Metacognition Learning In Mathematics Problem Solving Based On Constructivism. IEJME-Mathematics Education, 12(4), 333–352.

Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Hasanah, N., Sri, T., Asih, N., & Kharisudin, I. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Fostering Communities of Learners. 2, 622–628.

Herdianto, E. N., Indriati, D., & others. (2021). E-book Based on Mobile Learning Used Problem Based Learning (PBL) Model to Improve Problem-Solving Ability in Statistical Material. Journal of Physics: Conference Series, 1808(1), 12066.

Maharani, A., & Maulidia, S. (2018). Etnomatematika Dalam Rumah Adat Panjalin. Wacana Akademika, 2(2), 224–235.

Nguyen, N.-G. (2020). Using the Problem-Based Learning in STEM Teaching About Bamboo Toothpick Houses. International Education Studies, 13(12), 70. https://doi.org/10.5539/ies.v13n12p70

Ni’mah, L., Junaedi, I., & Mariani, S. (2017). Mathematical Literacy’S Vocational Students Based on Logical and Numerical Reasoning. Infinity Journal, 6(2), 95. https://doi.org/10.22460/infinity.v6i2.p95-110

Nisa, F. F., Nurjamil, D., & Muhtadi, D. (2019). Studi etnomatematika pada aktivitas urang sunda dalam menentukan pernikahan, pertanian dan mencari benda hilang. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 5(2), 63–74.

Parwati, N. N., & , I Gusti Putu Sudiarta , I Made Mariawan, I. W. W. (2015). LOCAL WISDOM-ORIENTED PROBLEM-SOLVING LEARNING MODEL TO IMPROVE MATHEMATICAL PROBLEM-SOLVING ABILITY. Journal of Technology and Science Education, 5(3), 184–193. https://doi.org/https://doi.org/10.3926/jotse.401

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405

Retno, E., Haryanti, M. D., Sri, T., & Asih, N. (2019). Students’ problem solving ability in thinking aloud pair problem solving learning assisted by schoology viewed from mathematical disposition. Unnes Journal of Mathematics Education, 8(1), 14–18. https://doi.org/10.15294/ujme.v8i1.26344

Saputro, B. A., Prayito, M., & Nursyahidah, F. (2015). Media Pembelajaran Geometri Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis GeoGebra. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 34. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i1.3757

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, R & D. Alfabeta.

Sujadi, I. (2018). Peran Pembelajaran Matematika pada Penguatan Nilai Karakter Bangsa di Era Revolusi industri 4.0. Prosiding Silogisme Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas PGRI Madiun, 18, 1–13.

Sukestiyarno, Y. dan N. C. (2016). Pembelajaran React Berbantuan Modul Etnomatematika Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 50–59. https://sinta.ristekbrin.go.id/journals/detail?id=146

SUTRISNO. (2019). IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SD-IT) HARAPAN BUNDA PURWOKERTO. IAIN Purwokerto.

Syafrizal, A., Syahputra, E., & Irvan, I. (2020). Differences in Increasing The Ability of Reasoning in Problem Based Learning Model and Computer-Based Group Investigation. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 3(2), 51. https://doi.org/10.29103/mjml.v3i2.2422

Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. Makalah Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Prosiding, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta: UNY, 112–118.

Widodo, S. A., & Ikhwanudin, T. (2018). Improving mathematical problem solving skills through visual media. JPhCS, 948(1), 12004.

Widyatiningtyas, R., Kusumah, Y. S., Sumarmo, U., & Sabandar, J. (2015). The impact of problem-based learning approach tosenior high school students’ mathematics critical thinking ability. Journal on Mathematics Education, 6(2), 30–38. https://doi.org/10.22342/jme.6.2.2165.107-116

Wulandari, A., & Suparno, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 862. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.448

Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2019). Pembelajaran Sains Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 167–171. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1389




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v7i1.4044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.