Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Pada Materi Segiempat Dan Segitiga

Umaira Arfah, Kiki Nia Sania Effendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai kemampuan komunikasi matematis peserta didik di salah satu SMP di Kabupaten Karawang pada materi segitiga dan segiempat. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan instrumen soal tes kemampuan komunikasi matematis dalam bentuk uraian sebanyak 5 butir soal. Subjek penelitian adalah 10 peserta didik kelas VIII. Adapun indikator kemampuan komunikasi matematis dalam penelitian ini yaitu: 1) Menulis (Written Text); 2) Menggambar (Drawing Text); 3) Ekspresi Matematika (Mathematical Expression). Hasil analisis berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik tergolong rendah. Terlihat dari jumlah peserta didik yang mampu mencapai nilai KKM hanya terdapat 2 peserta didik, yaitu dengan nilai lebih dari 73. Selebihnya, untuk 8 peserta didik lainnya belum mampu mencapai nilai KKM karena memiliki nilai yang kurang dari 73.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v7i1.3790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.