ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMK PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI
Abstract
ABSTRAK
Salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam kurikulum 2013 adalah membentuk generasi yang memiliki kemampuan berpikir kritis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas XI SMK Texmaco Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Elektronik Industri 3 sebanyak 38 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes berbentuk uraian materi perbandingan Trigonometri sebanyak 4 butir dengan teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik sebesar 44,06% dan masuk pada kategori sedang. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil dari data kemampuan berpikir kritis matematis,dimana pada indikator Mengidentifikasi sebesar 39,69% dikategorikan rendah, indikator menghubungkan sebesar 36,18% dikategorikan rendah, indikator Menganalisis sebesar 46,05% dikategorikan sedang, indikator memecahkan masalah sebesar 44,08% dikategorikan sedang dan indikator mengevaluasi sebesar 54,28% dikategorikan sedang. Hal tersebut mungkin saja terjadi karena siswa sulit menyesuaikan diri dengan kegiatan belajar aktif yang dapat mengembangkan kemampuan dalam berpikir siswa. Hasil penelitian ini merepresentasikan terkait kemampuan berpikir kritis yang dimiliki oleh siswa, khususnya siswa di SMK Texmaco Karawang. Dengan hal ini, diharapkan para pendidik dapat lebih inovatif dalam mendesain dan mengembangkan instrumen pembelajaran sehingga hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Perbandingam Trigonometri, Sekola Menengah Kejuruan.
Full Text:
PDFReferences
Fisher, A. (2017). Berfikir kritis sebuah pengantar. Jakarta : Erlangga.
Garaika, & Darmanah. (2019). Metodologi Penelitian. CV.Hira Tech.
Hayudiyani, M., Arif, M., & Risnasari, M. (2017). Identifikasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas X TKJ ditinjau dari kemampuan awal dan jenis kelamin siswa di SMKN 1 Kamal. Jurnal Ilmiah Edutic, 4(2), 20–27. https://doi.org/10.21107/edutic.v4i1.3383
Karim, N. (2015). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 92–104. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634
Leicester, Mal & Taylor, D. (2010). Critical thingking across the curriculum. New York :McGraw-Hill Education (UK).
Maryam, M. S., & Zanthy, L. S. (2019). Kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas XI SMK pada materi matriks dengan penerapan pendekatan Reciprocal Teaching. Joe, 01(03), 155–165. https://doi.org/10.31004/joe.v1i3.133
Much. Solikhin, A. N. M. F. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada pelajaran IPA saat pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 188–192. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38060%0A
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 3(2), 155–158. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10490
Pandra, V. (2016). Efektivitas pembelajaran Problem Based Solving dalam pembelajaran teorema phytagoras kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau. Jurnal Perspektif Pendidikan, 10(2), 59–70. https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/406/268
Pertiwi, W. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik SMK pada materi matriks. Jurnal Pendidikan Tamnusai, 2(4), 821–831. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.29
Ridho, S., Ruwiyatun, R., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pokok bahasan klasifikasi materi dan perubahannya. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 10–15. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.194
Saputra, H. (2020). Kemampuan berfikir kritis matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim, 2(April), 1–7. https://www.researchgate.net/profile/Hardika-Saputra/publication/340934094_Kemampuan_Berfikir_Kritis_Matematis/links/5ea5b4f1a6fdccd7945720f7/Kemampuan-Berfikir-Kritis-Matematis.pdf
Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran matematika berbasis pengajuan dan pemecahan masalah (N. N. M (ed.); 1st ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Suriyana, S., & Fatmawati, R. A. (2019). Analisis kemampuan berfikir kritis mahasiswa PGSD dalam menyelesaikan soal matematika dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 2(2), 84–101. https://doi.org/10.33603/cjiipd.v2i2.2223
Wayudi, M., Suwatno, & Santoso, B. (2020). Kajian analisis keterampilan berpikir kritis siswa Sekolah Menengah Atas Mauliana. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 67–82. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008
Widiantari N K M, P., Suarjana, I. M., & Kusmariyatni, N. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV dalam pembelajaran matematika. Journal PGSD Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7348
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v7i1.3723
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.