ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP BERDASARKAN KRITERIA KRULIK DAN RUDNICK

Stelin Agustin Sesa, Benidiktus Tanujaya, Firmansyah Firmansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Santo Don Bosco Manokwari berdasarkan kriteria Krulik dan Rudnick pada materi aritmetika sosial mengenai keuntungan dan kerugian. Metode penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik deskriptif. Prosedur penelitian ini mulai dari penentuan indikator, pengembangan istrumen tes, pengembangan pedoman wawancara, penentuan subjek, pemberian tes, pengambilan data dan wawancara. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika pada kelas VIII SMP Santo Don Bosco berdasarkan kriteria Krulik dan Rudnick dikategorikan kedalam tiga kelompok yaitu siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematika tinggi, sedang dan rendah


Full Text:

PDF PDF

References


Fatmala, Rizky Restiani, Ratna Suhartiningsih dan Luvy Sylviana Zhanty. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Aritmetika Sosial.” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 2020: 227-236.

Fitria, Rahmi. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 2018: 786-792.

Moleong, Lexy J. Motodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA, 2014

Masamah, Ulfa, Imam Sujadi dan Riyadi. “Proses Berpikir Reflektif Siswa Kelas X MAN Ngawi Dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah Krulik Dan Rudnick Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika.” Journal Mathematics and Mathematics Education, 5(1), 2015: 38-50.

Nurhayati dan Luvy Sylviana Zanthy. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematic Siswa MTs Pada Materi Pola Bilangan.” Journal On Education, 1(2), 2019: 23-36.

Rinaldi, Erik dan Ekasatya Aldila Afriansyah. “Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Antara Problem Centered Learning Dan Problem Based Learning.” Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 2019: 9-18.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian Yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif Dan Konstruktif. Bandung: ALFABET CV, 2018.

Suryaningsih, Tri. “Analisis Kemampuan Dasar Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Heuristik Krulik-Rudnick Pada Materi Geometri Kelas 5 SD.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(1), 2019: 9-13.

Ulya, Himmatul; “Hubungan Gaya Kognitif Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa.” Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(2), 2015.

Utami, Ratna Widianti dan Dhoriva Urwatul Wutsqa. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 2017: 166-175.

Wahyudi, Gusti Rizal, Agung Hartoyo dan Asep Nursangaji. “Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistik Dengan Strategi Heuristik Krulik Dan Rudnick Di SMP.” Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Khatulistiwa, 4(6), 2015: 1-13.

Yayuk, Erna, Dyah Worowirastri Ekowati, Beti Istanti Suwandayani dan Bahrul Ulum. Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v6i2.3466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.