PENGARUH KETERAMPILAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA TANGERANG

Heriyati Heriyati, Noor Komari Pratiwi

Abstract


Keterampilan membaca diperlukan dalam semua bidang studi karena proses belajar yang efektif salah satunya dilakukan melalui membaca, tak terkecuali dalam mempelajari matematika. Keterampilan membaca adalah keterampilan siswa untuk memahami isi suatu bacaan yang diperlukan dalam memahami soal matematika berbentuk cerita. Kemampuan pemecahan soal cerita matematika yaitu kemampuan siswa dalam memahami hal yang dimaksud oleh soal cerita matematika, serta mampu menemukan jawaban dari permasalahan yang ada dalam soal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh keterampilan membaca terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika siswa sekolah dasar. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas 5 SD Negeri Bojong 2, 3, dan 4 di Kota Tangerang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 78 siswa dari ketiga sekolah. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan membaca terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa sekolah dasar di Kota Tangerang. Perolehan persamaan regresi Y = 12,436 + 0,792X menunjukkan semakin tinggi keterampilan membaca siswa, semakin tinggi pula kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa.

 

Kata kunci: keterampilan membaca, kemampuan pemecahan soal cerita matematika

Full Text:

PDF

References


Ihsan, F. (2005). Dasar-Dasar Kependidikan. PT Rineka Cipta.

Intisari. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Pascasarjana Magister PAI, 1(1).

Md Arya Praditha, I., Kusmariatni, N., & Gst Ngurah Japa, I. (2017). Hubungan antara Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas IV. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2).

Muslich. (2008). KTSP Pembelajaran Berbasisi Kompetensi dan Kontekstual. Bumi Aksara.

S Margono. (2013). Metodoologi Penelitian Pendidikan. In Metodologi Penelitian Pendidikan.

Somadyo, S. (2011). Strategi dan Teknik pembelajaran Membaca. Graha Ilmu.

Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian. Raja Wali Press.

Tarigan. (2008). Berbicara sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Angkasa.

U.S., S. (2015). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Prima Ufuk Semesta.

Witri Nur Anisa. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Untuk Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v6i1.3061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.