EFEKTIVITAS VIDEO BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA MATERI TRANSFORMASI PADA SISWA SMP

Fadhilah Rahmawati, Vita Fatimah, Nur Layaliya Buraidah, Adillah Resfia El Wa’fa, Soimah Nurul Faizah, Anik Mukaromah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan video belajar pada materi transformasi dengan populasi siswa kelas IX SMP N 3 Magelang Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen dari penelitian ini berupa tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas dilanjutkan dengan uji Wilcoxon karena data tidak berdistribusi normal. Berdasarkan uji Wilcoxon signed rank test pada hasil pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dapat dilihat bahwa asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,009. Hasil tersebut < 0,05 sehingga Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa sebelum dan setelah diberikan video pembelajaran. Sedangkan pada kelas kontrol nilai asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,052. Hasil tersebut > 0,05 sehingga H0 yang diterima artinya pemberian materi pembelajaran berupa teks tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa.Video belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan video belajar pada materi transformasi lebih efektif daripada pembelajaran melalui teks.


Full Text:

PDF

References


A. Sadikin and A. Hamidah, “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic),†Biodik, vol. 6, no. 2, pp. 214–224, 2020, DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.

O. I. Handarini and S. S. Wulandari, “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19,†J. Pendidik. Adm. Perkantoran, vol. 8, no. 3, pp. 496–503, 2020.

W. A. F. Dewi, “Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar,†Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 55–61, 2020, DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.

A. Cahyadi, Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. 2019.

A. A. Nugroho, R. W. Y. Putra, F. G. Putra, and M. Syazali, “Pengembangan blog sebagai media pembelajaran matematika,†Al-Jabar J. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 2, pp. 197–203, 2017, DOI: https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2028.

W. Saputra and B. E. Purnama, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mata kuliah Organisasi Komputer,†Speed-Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 4, no. 2, 2015, DOI: http://dx.doi.org/10.3112/speed.v4i2.865.

A. Niswa, “Pengembangan Bahan Ajar Mendengarkan Berbasis Video Interaktif Bermediaflash Kelas VIID Smp Negeri 1 Kedamean,†Bapala, vol. 1, no. 1, 2013.

J. Juriah and N. Juanengsih, “Pembelajaran Konstruktivisme Berbantu Media Video/animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Mipa 3,†EDUSAINS, vol. 8, no. 1, pp. 108–113, 2016, DOI: https://doi.org/10.15408/es.v8i1.3801.

E. Zakaria, “Analysis of Students’ Error in Learning of Quadratic Equations.,†Int. Educ. Stud., vol. 3, no. 3, pp. 105–110, 2010.

Y. P. Utami and D. A. D. Cahyono, “Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring,†J. Ilm. Mat. Realis., vol. 1, no. 1, pp. 20–26, 2020.

M. Muslimah, “Pengembangan Buku Saku Geometri Transformasi Dengan Motif Batik Nusantara.†UIN Raden Intan Lampung, 2018.

W. H. S. Subchan, Winarni, Muhammad S. M., Kistosil F., Buku Guru Matematika untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud., 2018.

M. Tunnisa, M. Rizal, and T. S. Karniman, “Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada Materi Transformasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas IXa SMPN 1 Tanantovea,†J. Elektron. Pendidik. Mat. Tadulako, vol. 5, no. 4, 2016.

A. Rohmawati, “Efektivitas Pembelajaran,†J. Pendidik. Usia Dini, vol. 9, no. 1, pp. 15–32, 2015, DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.091.02.

N. Hasnunidah, Metodologi Penelitian Pendidikan. 2017.

R. Raupong, A. F. Saleh, and H. S. Taruma, “Penaksiran Rataan dan Varians Populasi Pada Sampel Acak Terstratifika dengan Auxiliary Variable,†J. Mat. Stat. dan Komputasi, vol. 12, no. 1, pp. 9–18, 2018, DOI: https://doi.org/10.20956/jmsk.v12i1.3453.

F. Rahmawati and Sugiman, “Komparasi Kemampuan Penalaran Siswa Kelas VIII antara Model Pembelajaran Think Talk Write ( TTW ) dan Two Stay-Two Stray ( TS-TS ),†Semin. Nas. Mat. Dan Pendidik. Mat. Uny 2015, pp. 533–538, 2015.

I. Istikanah and B. N. Achadiyah, “Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Dengan Pendekatan Income Statement dan Value Added Statement Pada Unit Usaha Syariah,†Nominal Barom. Ris. Akunt. dan Manaj., vol. 3, no. 2, pp. 14–24, 2014, DOI: https://doi.org/10.21831/nominal.v3i2.2693.

Maryadi, “Membandingkan Hasil Uji Statistika Parametrik dan Nonparametrik ( Studi Kasus : Pelaksanaan Kebijakan Pengendalian Dana Idle Pemerintah Daerah ),†J. Appl. Manag. Account., vol. 4, no. 1, pp. 142–149, 2020.

D. Fahmeyzan, S. Soraya, and D. Etmy, “Uji Normalitas Data Omzet Bulanan Pelaku Ekonomi Mikro Desa Senggigi dengan Menggunakan Skewness dan Kurtosi,†J. Varian, vol. 2, no. 1, pp. 31–36, 2018, DOI: https://doi.org/10.30812/varian.v2i1.331.

I. Irwanto, “Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Front Office di Kelas XI Akomodasi Perhotelan SMKN 3 Garut,†LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), vol. 10, no. 2, p. 77, 2019, DOI: 10.21927/literasi.2019.10(2).77-91.

Y. Gusmania and T. W. Dari, “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa,†PYTHAGORAS J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 1, pp. 61–67, 2018, DOI: 10.33373/pythagoras.v7i1.1196.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v5i2.2668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.