ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA SD PADA MATERI SKALA

Prisela Elgita Diasa, Sunardi Sunardi, Amrina Rizta

Abstract


Kemampuan representasi matematika merupakan salah satu tujuan umum dari pembelajaran matematika di sekolah. Dengan representasi, masalah yang semula terlihat sulit dan rumit dapat dilihat dengan lebih mudah dan sederhana, sehingga masalah yang disajikan dapat dipecahkan dengan lebih mudah. Tapi kenyataannya kemampuan representasi di Indonesia masih tergolong rendah. Oleh karena itu Peneliti tertarik untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa kelas VI SD Negeri 93 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi siswa SD pada materi skala. Pendekatan penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 93 Palembang dengan sampel penelitian adalah sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan wawancara. Selanjutnya data yang didapatkan dianalisis untuk menentukan kemampuan representasi siswa dalam menyelesaikan soal materi skala. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis visual dan simbolik siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi skala dapat dikategorikan baik dengan persentase 85,71%, sedangkan kemampuan representasi matematis verbal dapat dikategorikan sangat baik dengan persentase 59,52%.

Full Text:

PDF

References


Alhadad, S. F. (2010). Meningkatkan Kemampuan Representasi Multipel Matematis, Pemecahan Masalah Matematis dan Self Esteem siswa SMP melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended. Bandung: Disertasi UPI.

Ardania, C. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kepribadian Compliance dalam Menyelesaikan Soal Statistika ModelPISA.OnlineJurnalUNJA,2.

Astuti, R. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal MAtematika pada Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Palembang. Palembang: Skripsi tidak diterbitkan.

Herlina, Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Materi Fungsi Di Kelas VIII Smp Bumi Khatulistiwa. Jurnal Untan Vol 6, No 10, 2.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: NCTM.

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. Retrieved Juli 18, 2020, from https://www.oecd-ilibrary.org/docserver/ 5f07c754-en.pdf?expires=159504 6200&id=id&accname=guest&checksum=7C232B958A1D4467EC06780F34FD81DA

Pasehah, A. P., & Firmansyah, D. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Penyajian Data. Sesiomadika, 1094-1105.

Sabirin, M. (2014). Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. . JPM IAIN Antasari Vol. 01 No. 2, 33-44. DOI: 10.18592/jpm.v1i2.49

Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sunardi. (2013). Penialaian pembelajaran (Asesmen). Palembang: Tunas Gemilang Press.

Surya, Saragih, & al, e. (2017). The Analysis of Students’ Representation Ability in Finishing Recital Question Assemblage Material in VII Grade Students of YPI Dharma Budi Junior High School. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4 (2), 111-117.

Yudhanegara, M. R., & Lestari, K. E. (2015). Meningkatkan Kemampuan Representasi Beragam Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Terbuka (Penelitian Kuasi Eksperimen terhadap Siswa Kelas VII SMPN 1 Pagaden, Subang). Jurnal Solusi, 1 No 4, 97-106.

Handayani, H. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Siswa pada Materi Volume Kubus dan Balok di Sekolah Dasar. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 60.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v5i2.2615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.