ANALISIS DAYA SERAP MAHASISWA DALAM MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI SEBAGAI APLIKASI ILMU MATEMATIKA

Reva Yuliani, Agatha Rinta Suhardi

Abstract


Penguasaan materi Pengantar Akuntansi sangat penting karena merupakan dasar dari ilmu ekonomi seperti penjurnalan, pengelompokan, pembukuan sampai dengan penyusunan laporan keuangan. Dalam prakteknya materi pengantar akuntansi ini dibutuhkan dalam sebuah bisnis tetapi mahasiswa masih sulit untuk menyiapkan laporan-laporan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan daya serap mahasiswa dalam memahami mata kuliah Pengantar Akuntasi. Sampel yang diambil yaitu dua kelas Pengantar Akuntansi di jurusan manajemen. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan menggunakan uji beda. Hasilnya memperlihatkan ada perbedaan daya serap pembelajaran pengantar akuntansi pada mahasiswa manajemen di kelas A dan kelas B. Hasil perbedaan ini dapat dipengaruhi oleh perbedaan metode pembelajaran yang diberikan, jumlah mahasiswa kelas B yang lebih banyak dibandingkan dengan kelas A sehinggakelas kurang kondusif dan mahasiswa kurang menyerap materi yang disampaikan.


Full Text:

PDF

References


Sodikin, S.S. dan Riyanto, B.A. (2016). Akuntansi Pengantar 1. Edisi kesembilan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Suwardjono. (2014). Akuntansi Pengantar Bagian 1: Proses Penciptaan Data dan Pendekatan Sistem. Edisi ketiga. Yogyakarta: BPFE.

Warren, C.S., dkk. (2014). Financial and Managerial Accounting. 12th Ed. USA: South-Western, Cengage Learning.

Weygandt, J.J., dkk. (2016). Accounting Principle. 12th Ed. New Jersey: John Willey & Sons Inc.

Layn, Muhamad Ruslan&Kahar, Muhammad Syahrul. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), Vol. 3 No. 2 pp. 95-102.

Manibuy, Ronald. (2014). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksoomi Solo padaKelas X SMA Negeri 1 Plus di KabupatenNabire-Papua. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Vol. 2 No. 9.

Nurianti, Evi, Halini, Romal. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pecahan Bentuk Aljabar Di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 4 No. 9 pp. 61-70.

Tall, D., & Razali, M. (1993). Diagnosing Stucents’ Difficulties in Learning Mathematics. International Journal of Mathematics Education in Science & Technology, Vol. 24 pp 209-212.

Toheri & Astinawati, I. (2011). Pengaruh Penguasaan Aljabar terhadap Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal – Soal Bangun Ruang. Jurnal Eduma, Vol. 1 No. 1 pp. 1-8.

Suhardi, Agatha Rinta& Lestari, Puji. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Manajemen Dalam Menyelesaikan Permasalahan Analisis Titik Impas. Jurnal Theorems(The Originals Research of Mathematics), Vol. 4 No. 1 pp. 60-68

Kartihadi, Hans. dkk. (2016). Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK Berbasis IFRS. Jakarta:IAI.

Hans Kartikahadi., dkk. 2016. Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK Berbasis IFRS Buku 1. Jakarta : Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v4i2.1874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.