PROSES BERPIKIR PESERTA DIDIK DALAM MENJAWAB SOAL PEMECAHKAN DENGAN GAYA BELAJAR VISUAL

M. Gilar Jatisunda, Erik Santoso, Siska Adi Wiguna

Abstract


Setiap peserta didik mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam mengolah sebuah informasi. Itulah yang menjadi dasar kenapa gaya belajar peserta didik perlu diketahui, karena akan mempermudah untuk menyediakan lingkungan yang mendukung dan mempermudah peserta didik menyerap informasi secara maksimal. Instrument pada penelitian adalah rubrik gaya belajar berdasarkan teori Fleming kemudian untuk kemampuan pemecahan masalah matematis didapatkan dari instrumen soal pemecahan masalah matematis berdasarkan pemecahan masalah polya. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan proses berpikir konseptual, siswa mampu memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalah dan memeriksa kembali jawaban dengan baik.

 

Kata kunci: proses berpikir, pemecahan masalah, gaya belajar visual


Full Text:

PDF

References


Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Hawk, Thomas F., Shah, Amit J.(2007) Using Learning Style Instruments to Enhance Student Learning. Decision Sciences Journal of Innovative Education. Publisher John Wiley and Sons https://doi.org/10.1111/j.1540-4609.2007.00125.x

De Porter, Bobbi dan Mike Hernacki. 1992. Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Mizan Pustaka.

Rodger et.al. (2009). Engaging Middle School Teachers and Students with Alice in a Diverse Set of Subjects. SIGCSE 09, March 3-7, 2009.

Sulianto, Joko (2008) Teori Belajar Kognitif David Ausubel ”Belajar Bermakna”, Zoltan P Dienes” Belajar Permainan”, Van Heille” Pengajaran Geometri”.

Roell, Kelly. "The Visual Learning Style." ThoughtCo, May. 25, 2019, thoughtco.com/visual-learning-style-3212062.

Kashefi, Hamidreza & Alias, Athirah & Fahmi Kahar, Mohamad & Buhari, Osman & Othman, Suhaimi Zakaria & , Othman & Mirzaei, Fariba. (2015). Visualisation in Mathematics Problem Solving Meta-Analysis Research. Conference: International Conference on Social Sciences Research (ICSSR) 2015 Volume: 1




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v4i1.1424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.