KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Kemampuan pemahaman matematik merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa. Kemampuan ini bisa menjadi awal dalam memahami kemampuan yang lainnya. Hasil riset ini mengungkap bagaimana prosees beripikir kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII-H di SMPN Negeri 2 Majalengka Tahun Pelajaran 2018/2019. Peneliti mengambil subjek sebanyak tiga orang untuk mewakili kategori siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini menggunakan instrumen tes kemampuan pemahaman matematis, dokumentasi dan pedoman wawancara. Analisis data kualitatif menggunakan Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), dan Conclusion Drawing/Verification (Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi). Hasilnya menunjukan bahwa pada soal dengan kategori instrumental siswa dengan kemampuan tinggi tinggi dan sedang sudah mampu menjawab soal instrumental, hanya pada siswa dengan kemampuan rendah memiliki kendala dalam menentukan konsep yang ditanya pada soal tersebut. Untuk soal relasional siswa dengan kemampuan tinggi sudah kemampuan pemahaman matematiknya sudah baik, sedangkan siswa dengan kategori sedang dan rendah mengalami kesulitan pada tahap menentukan konsep dan perhitungan yang digunakan dalam memecahkan soal tersebut.
Kata kunci: Proses berpikir, kemampuan pemahaman matematisFull Text:
PDFReferences
Ferdianto, F., & Ghanny. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Problem Posing. Euclid (1), 47–54. Retrieved from http://www.fkip-unswagati.ac.id
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Suherman, E. (2001).Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.
Sumarmo, U. (2017). Asesmen Soft Skill dan Hard Skill Matematik Siswa Dalam Kurikulum 2013, Retrieved from https://anzdoc.com/asesmen-soft-skill-dan-hard-skill-matematik-siswa-dalam-kuri.html
Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Syarifatunnisa, A. (2013). Perbedaan Kemampuan Pemahaman Matematis antara Siswa yang Mendapatkan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Tipe Jigsaw. Skripsi STKIP. Garut: Tidak diterbitkan
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v4i1.1423
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.