MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN BILANGAN MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING

Sardin Sardin

Abstract


Masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut adalah apakah kemampuan berpikir kreatif matematika siswa  kelas VII-C SMP Negeri 7 Baubau dapat  ditingkatkan melalui pendekatan pengajuan masalah (problem masalah)?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VII-C SMP Negeri 7 Baubau melalui pendekatan pengajuan masalah (problem posing).Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.C SMP Negeri 7 Baubau sebanyak 30 siswa. Hipotesis penelitian tindakan kelas ini adalah kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VII.C SMP Negeri 7 Baubau dapat ditingkatkan melalui pendekatan pengajuan masalah (problem posing). Berdasarkan Hasil analisis data penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VII.C SMP Negeri 7 Baubau dapat ditingkatkan melalui pendekatan pengajuan masalah (problem Posing). Hal ini diketahui dengan semakin banyak (>70%) siswa yang menunjukan aspek kemampuan berpikir kreatif matematika dalam jawabannya untuk setiap tes siklus yakni aspek memahami masalah, aspek kefasihan dan kebaruan serta adanya peningkatan nilai rata-rata.

Kata kunci: Kemampuan berpikir kreatif, pendekatan problem posing.


Full Text:

PDF

References


Anonim, (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Jakarta: Depdiknas.

Depdikbud. (1993). Kurikulum Pendidikian Dasar, Garis-garis Besar Program Pengajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Hamzah. (2000). Pembelajaran Matematika I. Jakarta: Bumi Aksara.

Kauchak, D. & Eggen, P.D. (1988). Strategies for teachers: teaching Content and Thinking Skills. New jersey: prentice Hall, Englewood Cliffs.

Munandar. (1994). Teknolgi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Pusat kurikulum. (2001). Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran SLTP. Jakarta: Depdiknas.

Semiawan. Cony.(1990). Memupuk Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah Menengah. Jakarta: PT. Gramedia

Setaiawan. (2004). Strategi Pembelajaran Matematika yang Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM). Yogyakarta Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika.

Silver, E.A. dan Cai. J. (1996). An Analysis of Aritmatic Problem Posing By Middle School Students. Journal for research in mathematics Education. V.27, N. 5 November 1996. http://pk..ut.ac.id/(24 juni 2006).

Siswono, Tatag Yuli Eko. (2006). Penerapan Pembelajaran Dengan Pengajuan Masalah (Problem Posing) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematrika Siswa Kelas VII SMPN 7 Baubau Sidoarjo, Surabaya: Lembaga Penelitian Unesa.

Slameto. (1988). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (1991). Tori-teori belajar untuk Pengajaran. Jakarta: Universitas Indonbesia.

Surtini, S. (2004). Impelementasi Problem Posing Pada Pembelajaran Operasi Hitung bilangan Cacah Siswa Kelas 4 SD di Salatiga. Semarang: Lembaga Penelitian UT.

Tim Peneletian Tindakan Kelas SLTPN 4 Sarolangun. (2001). Meningkatkan Kemampuan Siswa Menerapkan Konsep Matematika Melalui Pemberian Tugas. Buletin Pendidikan Vol.5 No 2

Tirtarahardja. (2000). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Usman, M. Uzer. (2000). menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v4i1.1419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.