PERBANDINGAN PROSEDUR POLYA DAN NEWMAN PADA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Zaenal Arifin

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk membandingkan perbedaan pada prosedur Polya dan Prosedur Newman dalam memecahkan masalah matematis. Metodologi yang digunakan adalah kajian literatur dan tabel pembanding. Berdasarkan hasil kajian, setidaknya terdapat empat perbedaan yang dapat dibandingkan dari kedua prosedur tersebut, yaitu: 1) banyaknya jumlah prosedur, 2) urutan/hirarki prosedur, 3) perbedaan istilah, dan 4) perbedaan tahap akhir.

Full Text:

PDF

References


Anderson, J,R. 1980. Cognitive psychology and its implications. New York: W,H, Freeman.

____________. 2000a. Cognitive psychology and its implications (5th ed,). New York; W,H, Freeman,

____________. 2000b. Learning and memory: An integrated approach. New York; Wiley,

Clements. (1982). Students Preconception in Introductory Mechanics, American Journal of Physics. John Wiley and Sons. Inc., New York.

Depdikbud. 2008. Sistem Penilaian KTSP: Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Remedial, Jakarta: Depdiknas.

Ellison, J. G. 2009. Incresing Problem Solving Skill in Fifth Grade Advanced Mathematics Student. Journal of Curriculum and Instruction, 3(1): 1-17.

Fren.sch, PA., & Funke, J. (Eds.). 1995. Complex problem solving: The European perspective. Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum Associates Inc.

Jha, S. K. 2012. Mathematics Performance of Primary School Students in Assam (India): An Analysis Using Newman Procedure. International Journal of Computer Applications in Engineering Sciences, 2(1): 17-21.

McNab, A. 1994. Bravo Two Zero. London: Corgi.

Polya, George. 1973. How to Solve It: a New Aspect of Mathematics Method 2nd Edition. New Jersey: Princeton University Press.

Ratnasari, Desi. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Mahasiswa. Skripsi Sarjana. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.Tidak dipublikasikan.

Robertson, S. Ian. 2001. Problem Solving. East Sussex: Psychology Press.

Singh, P., A. A. Rahman, & T. S. Hoon. 2010. The Newman Procedure for Analyzing Primary Four Pupils Errors on Written Mathematical Tasks: AMalaysian Perspective. International Conference on MathematicsEducation Research 2010 (ICMER 2010), 8(2010): 264-271.

Siwono, Tatag Y. E. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unesa university

Sternberg (Ed.), The nature of cognition. London: MIT Press.

Sugiman, Kusumah, & Subanjar. 2008. Pemecahan Masalah Matematis dalam Matematik Realistik. Bandung: Jurnal UPI.

Weiner, I. 2003. Handbook Of Psychology. Vol 7, Education Psychology. NewJersey: John William & Son.

https://www.mav.vic.edu.au /files/conferences/2009/08White.pdf (diakses Tanggal 31 Mei 2018).

Kania, N. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan George Polya. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 7(1).

Kania, N., & Arifin, Z. (2019). Analisis Kesulitan Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Prosedur Newman. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(1), 57-66.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v3i2.1172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.