PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA TOKO UD. PUTRA TS MAJALENGKA

Neny Kusumadewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan, kepercayaan dan
loyalitas pelanggan pada Toko UD. Putra TS Majalengka. Selain itu, tujuan penelitian ini
untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan terhadap
loyalitas pelanggan baik secara parsial maupun simultan.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan menggunakan teknik
analisis deskriptif dan verifikatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 95 responden
dengan menggunakan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan
kuesioner. Pengujian instrumen data dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas,
sedangkan analisis datanya adalah korelasi, koefisien determinasi, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan termasuk kriteria baik,
sedangkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan termasuk kriteria tinggi. Selanjutnya hasil
analisis data baik secara parsial maupun simultan kualitas pelayanan dan kepercayaan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan artinya dengan semakin
baiknya kualitas pelayanan yang diberikan dan kepercayaan dari pelanggan tetap terjaga
maka akan meningkatkan loyalitas pelanggan.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.