PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH UNTUK MENABUNG (Studi Kasus Pada Perumda BPR Majalengka)

H. Ade Sarwita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan dan promosi pada Perumda BPR Majalengka baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan yaitu metode survey dengan menggunakan teknik analisis deskriftif dan verifikatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 99 orang. Teknik Pengumpulan data yaitu dengan kuesioner. Pengujian instrumen data dilakukam dengan uji validitas dan uji reabilitas, sedangkan analisis datanya adalah analisis koefisien korelasi, analisi koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah. Begitu pula kualitas pelayanan dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keputusan nasabah untuk menabung. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan promosi menjadi faktor pendorong bagi peningkatan keputusan nasabah untuk menabung. Dengan demikian pihak manajemen Perumda BPR Majalengka hendaknya lebih meningkatkan kualitas pelayanan dan promosi agar dapat peningakatan keputusan nasabah untuk menabung.
Kata Kunci : Kualitas pelayanan, Promosi, Kinerja

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.