PENGARUH WORD OF MOUTH MARKETING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PD. SUZUKI TALAGA

Dudung Abdulah

Abstract


Keberhasilan perusahaan dapat dicapai apabila word of mouth marketing yang berjalan
baik serta ditunjang dengan kualitas produk yang dipasarkannya dapat dirasakan sepenuhnya
oleh konsumen. Penelitian ini dilakukan pada konsumen PD. Suzuki Talaga dengan tujuan
untuk mengetahui word of mouth marketing, kualitas produk, dan keputusan pembelian serta
untuk mengetahui pengaruh word of mouth marketing dan kualitas prosuk terhadap keputusan
pembelian yang dilakukan konsumen secara parsial dan simultan.
Dalam penelitian ini data yang diperoleh merupakan data primer yaitu data hasil
kuesioner yang disebarkan kepada konsumen PD. Suzuki Talaga sebanyak 64 responden,
adapun alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Uji validitas, Uji
reliabilitas, analisis Korelasi parsial, Korelasi ganda, Koefisien Determinasi, Uji t dan Uji F
(Simultan).
Berdasarkan hasil tanggapan responden mengenai word of mouth marketing, kualitas
produk dan keputusan pembelian semuanya termasuk kedalam kategori sangat baik. Secara
parsial diperoleh bahwa variabel word of mouth marketing mempunyai pengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian, begitu pula variabel kualitas produk berpengaruh
secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan variabel word of
mouth marketing, dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian konsumen PD. Suzuki Talaga.
Kata Kunci : Word of Mouth Marketing, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.