PENGARUH SUASANA LINGKUNGAN INTERIOR DAN LINGKUNGAN EKSTERIOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA YOGYA TOSERBA MAJALENGKA

Asep Qustolani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan, kualitas produk, kepuasan pelanggan, pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, dan pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada Kantin JS Majalengka.

Penelitian ini bersifat deskriptif verifikatif. Dengan penarikan sampel sebanyak 64 responden. Yang menjadi variabel independen adalah kualitas pelayanan (X1), kualitas produk (X2), dan yang menjadi variabel dependennya adalah kepuasan pelanggan (Y). Rancangan analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Uji statistik yang digunakan adalah korelasi pearson, regresi ganda, korelasi ganda, koefisien determinasi, dan uji t dengan menggunakan bantuan SPSS 17.

Berdasarkan hasil penelitian, total skor yang diperoleh untuk kualitas pelayanan sebesar 2.627 termasuk dalam kategori baik, total skor yang diperoleh untuk kualitas produk sebesar 1.907 termasuk dalam kategori sangat baik, dan total skor yang diperoleh untuk kepuasan pelanggan sebesar 2.583 termasuk dalam kategori baik. Nilai korelasi kualitas pelayanan (X1) terhadap kepuasan pelanggan (Y) = 0,516 pada tingkat hubungan sedang, dan nilai korelasi kualitas produk (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y) = 0,253 pada tingkat hubungan rendah, keduanya memiliki arah korelasi positif (makin tinggi nilai kualitas pelayanan dan kualitas produk makin tinggi nilai kualitas pelayanan dan kualitas produknya). Koefisien determinasi kualitas pelayanan sebesar 26,6% dan sisanya 73,4% dipengaruhi faktor lain diluar variabel yang diteliti dan  koefisien determinasi kualitas produk sebesar 6,4% dan sisanya 93,6% dipengaruhi faktor lain diluar variabel yang diteliti. Pengujian hipotesis mengenai kualitas pelayanan diperoleh nilai t hitung (4,961) > t tabel (1,9989) artinya kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan kualitas produk diperoleh nilai t hitung (2,471) lebih > t tabel (1,9989) artinya kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Full Text:

pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.