PENGARUH STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN DAN GOOD GOVERNANCE TERHADAP AKUNTABILITAS KEUANGAN PADA DINAS PEMUDA OLAHRAGA KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN MAJALENGKA

robi maulana magribi

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Majalengka yang beralamat di Jalan KH. Abdul Halim No. 311 Majalengka. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Standar Akuntansi Pemerintahan dan Good Governance terhadap Akuntabilitas Keuangan baik secara parsial maupun simultan.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif verifikatif. Data yang digunakan adalah data primer yaitu data hasil kuesioner yang disebarkan kepada seluruh pegawai Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Majalengka sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner, wawancara, dan observasi.

Rancangan analisis data yang digunakan adalah analisis kuesioner yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, dan analisis koefisien regresi ganda. Sedangkan uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dan uji F.

Berdasarkan hasil penelitian, Standar Akuntansi Pemerintahan dan Good Governancebaik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif terhadap Akuntabilitas Keuangan pada Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Majalengka.

Full Text:

pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.