PENGARUH RETURN ON ASSET (ROA), RETURN ON EQUITY (ROE), DAN NET PROFIT MARGIN (NPM) TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food and Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017)

R. NENY KUSUMADEWI

Abstract


Harga saham mencerminkan nilai dari suatu perusahaan. Jika perusahaan mencapai prestasi yang baik, maka saham perusahaan tersebut akan banyak diminati oleh para investor. Salah satu aspek yang dinilai oleh investor adalah kinerja keuangan. Pada prinsipnya semakin baik prestasi perusahaan maka akan meningkatkan permintaan saham perusahaaan tersebut, sehingga pada gilirannya akan meningkatkan pula harga saham perusahaan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return On Asset, Return On Equity dan Net Profit Margin terhadap Harga Saham perusahaan yang terdaftar kedalam food and beverage baik secara parsial maupun secara simultan.

Objek dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar kedalam kelompok food and beverage di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017 sebanyak 14 perusahaan dengan sampel penelitian sebanyak 11 perusahaan. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling yaitu metode pengambilan sampel. Berdasarkan kriteria-kriteria tertentu sehingga diperoleh sampel yang sesuai dengan penelitian yang akan dilakukan.  Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linear Berganda melalui Uji Asumsi Klasik dan Uji Hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Return On Asset berpengaruh positif secara parsial terhadap Harga Saham, Return On Equity berpengaruh positif secara parsial terhadap Harga Saham, Net Profit Margin berpengaruh negatif secara parsial terhadap Harga Saham dan Return On Asset, Return On Equity dan Net Profit Margin secara simultan berpengaruh positif terhadap Harga Saham.

 

Kata Kunci : Return On Asset, Return On Equity,Net Profit Margin dan Harga Saham

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.