PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada PT. Rudi Karya Stone Majalengka)

NITA HERNITA

Abstract


Faktor kualitas produk  dan harga merupakan faktor yang menjadi perhatian konsumen dalam menentukan pilihan produk yang akan mereka beli. Biasanya konsumen mengharapkan adanya kesesuaian antara harga dan kualitas produk yang mereka terima. Kualitas produk juga sebagai penentu tingkat kepuasan yang diperoleh pembeli setelah melakukan pembelian dan pemakaian terhadap suatu produk. Objek penelitian ini adalah variabel kualitas produk, harga dan keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada konsumen PT. Rudy Karya Stone Majalengka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi : kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian.

Penelitian ini dirancang sebagai penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diberiakan kepada konsumen PT. Rudy Karya Stone Majalengka, sedangkan analisis datanya adalah analisis korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F

Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh hasil bahwa kualitas produk, dan harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Begitupun pengujian secara simultan kualitas produk, dan harga berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang diteliti.

Kesimpulannya kualitas produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT. Rudy Karya Stone Majalengka. Harga dan kualitas produk merupakan faktor pendorong penting bagi konsumen dalam menentukan keputusan pembelian.

 

Kata Kunci : Kualitas produk, Harga dan Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.