PENGARUH STRUKTUR MODAL, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011 - 2016)

MOCHAMAD FEBRI SAYIDIL UMAM

Abstract


Nilai perusahaan merupakan harga yang bersedia dibayarkan oleh calon pembeli apabila perusahaan itu dijual. Semakin tinggi nilai suatu perusahaan, semakin besar kemakmuran yang akan diterima oleh pemegang saham. Nilai perusahaan yang diindikasikan dengan price to book value (PBV) yang tinggi menjadi keinginan para pemilik perusahaan, karena akan meningkatkan kemakmuran para pemegang saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bukti empiris tentang pengaruh struktur modal, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaanpada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fluktuasi nilai PBV perusahan manufaktur dan hasil penelitian terdahulu yang masih belum konsisten.

Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksplanatori dengan teknik survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2016. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 perusahaan dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan study literature dan dokumentasi. Alat analisis data yang digunakan yaitu penentuan metode estimasi data panel, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi menggunakan aplikasi Eviews 9.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan bahwa struktur modal, profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaandengan kontribusi sebesar 95,33 %.

 

Kata Kunci: Struktur Modal, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.