PENGARUH MODAL KERJA DAN BIAYA TENAGA KERJA LANGSUNG TERHADAP LABA OPERASIONAL (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017)

WULAN RIYADI

Abstract


Laba operasional perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2017 mengalami kenaikan dan penurunan. Upaya untuk meningkatkan laba yang dapat diperoleh perusahaan dari adanya manajemen modal kerja yang efektif serta dari hasil penjualan yang merupakan kontribusi para tenaga kerja langsung yang terlibat dalam kegiatan operasi perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal kerja dan biaya tenaga kerja langsung terhadap laba operasional baik secara parsial maupun simultan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2017. Metode yang digunakan penelitian ini adalahyaitu analisis deskriptif dan analisis verifikatif. Model analisis yang digunakan yaitu model analisis regresi linier berganda  dilakukan dengan program SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial modal kerja berpengaruh signifikan terhadap laba operasional, begitu pula biaya tenaga kerja langsung berpengaruh terhadap laba operasional. Secara  simultan modal kerja dan biaya tenaga kerja langsung berpengaruh terhadap laba operasional.

 

Kata Kunci : Modal Kerja, Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Laba Operasional

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.