PENGARUH KEADILAN PROSEDURAL PARTISIPATIF DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Pada Kantor Pusat Perumda BPR Majalengka Jawa Barat)

ASEP QUSTOLANI

Abstract


Kinerja merupakan hasil kerja yang dicapai oleh seseorang dalam melaksanakan tugas atau pekerjaanya baik secara kuantitas maupun kualitas yaitu sesuai dengan tanggung jawab dan merupakan hasil kerja yang telah dicapai oleh seseorang dengan standar yang telah ditentukan. Penurunan kinerja karyawan yang terjadi merupakan permasalahan yang menjadi pusat perhatian perusahaan agar tidak menganggu kinerja perusahaan. Hal ini juga dialami oleh Perumda BPR Majalengka, sehingga manajemen perlu mencari solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut. Penelitian ini dilakukan pada Kantor Pusat Perumda BPR Majalengka, adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengukur mengetahui pengaruh variabel keadilan prosedural partisipatif dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan baik secara parsial maupun simultan.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Data yang  diperoleh adalah data primer yaitu data hasil tanggapan responden yang disebarkan kepada responden. Adapun alat analisis yang  digunakan dalam penelitin ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier  berganda dan pengujian hipotesis, untuk uji parsial menggunakan uji t  dan untuk uji simultan menggunakan uji F.

Berdasarkan hasil uji hipotesis di peroleh keadilan procedural partisipatif berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.  Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan  serta secara simultan variabel keadilan procedural partisipatif dan kepuasan kerja terbukti berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada perusahaan Kantor  Pusat Perumda BPR Majalengka. Artinya bahwa semakin baik keadaan keadilan prosedural partisipatif dan semakin tinggi kepuasan kerja karyawan maka akan semakin baik pula kinerja karyawannya.

 

Kata Kunci : Keadilan Prosedural Partisipatif,  Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.