SEBUAH KAJIAN TENTANG KINERJA PEGAWAI (Studi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sumedang)

DENI ISTIONO

Abstract


Suatu organisasi pemerintahan untuk mencapai suatu tujuan perlu adanya unsur-unsur yang mendukung jalannya operasional organisasi, salah satunya adalah motivasi. Dengan  demikian motivasi  sebagai   pendorong,  menggerakkan  suatu   organisasi   dalam   merencanakan,  merumuskan, menetapkan dan melaksanakan berbagai kegiatan organisasi dalam mencapai tujuannya. Rumah Sakit Umum Daerah Sumedang merupakan rumah Sakit milik pemerintah yang salah satu tujuanya adalah memberikan layanan kesehatan  kepada masyarakat  Sesuai dengan visi dan misi tersebut maka RSUD  dituntut untuk bisa meningkatkan kinerja pegawainya, melalui kemampuan pegawai dan motivasi pegawai. Pegawai dituntut untuk mempunyai kemampuan yang tinggi dan diberikan motivasi secara terus menerus.

Hasil penelitian bahwa kemampuan karyawan berpengaruh langsung terhadap kinerja karyawan dan pengaruh tidak langsung kemampuan karyawan terhadap kinerja karyawan dengan melihat keterkaitan dengan motivasi kerja. artinya bila kemampuan pegawai naik maka secara langsung berpengaruh terhadap kinerja. Kinerja pegawai Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sumedang paling dominan dipengaruhi oleh variabel kemampuan.

Motivasi kerja berpengaruh langsung terhadap kinerja karyawan dan  pengaruh tidak langsung motivasi kerja terhadap kinerja karyawan dengan melihat keterkaitan dengan kemampuan. Kemampuan dan motivasi kerja berpengaruh secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan, hal ini menunjukkan bahwa kinerja pegawai Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sumedang sangat dipengaruhi oleh faktor kemampuan dan motivasi kerja para karyawannnya.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.