ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI AUDIT REPORT LAG (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015)

YOGI GINANJAR

Abstract


Audit report lag adalah lamanya hari yang dibutuhkan auditor dalam melakukan proses audit yang dihitung dari tanggal akhir pelaporan keuangan perusahaan sampai tanggal diterbitkannya laporan audit. Keterlambatan laporan audit dipengaruhi kinerja auditor. Keterlambatan laporan audit akan berdampak pada perusahaan itu sendiri karena investor akan melihat sejauh mana perusahaan menaati peraturan terkait. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris tentang faktor-faktor yang memengaruhi keterlambatan pelaporan audit pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode explanatory dengan teknik survei. Sampel dari penelitian ini adalah 120 data perusahaan dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.

Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa audit report lag untuk setiap perusahaan sampel berkisar dari interval minimum 40 hari hingga interval maksimum 120 hari dan rata-rata 79 hari. Tiga hipotesis yang berkaitan dengan audit report lag yaitu company size, profitability dan firm age. Hasil regresi linier berganda dalam penelitian ini tidak mendukung hipotesis alternatif yang diajukan sebelumnya.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.